PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA SMP
Keywords:
Writing, Mind Mapping Method, Exposition TextAbstract
References
Ekawati, L., Bella, R. S., & Firmansyah, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Siswa Kelas Xi Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(3), 327-332.
San Fauziya, D. (2018). Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-Duta dalam Meningkatkan Kemampuan menulis Argumentasi. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2).
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran (Perpustaka). Serang Banten.
Ikhwanuddin, M. A. (2013). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Semantik, 2(2), 67-86.
Mustika, I. (2017). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013 Semantik, 2(2), 47-54.
Nurgiantoro. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi, 91–116.
Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok DI SMP. DEIKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 111-127.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Gultom, P. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Santo Ignasius Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).