Kajian Struktur Dalam Sajak "Doa Khong Guan" Karya Joko Pinurbo

Authors

  • Dedi Irawan IKIP Siliwangi
  • Diena San Fauziya IKIP Siliwangi
  • Indra Permana IKIP Siliwangi

Abstract

Tulisan ini mendeskripsikan struktur pada sajak “Doa Khong Guan†karya Joko Pinurbo. Dalam tulisan ini ada dua pertanyaan penelitian, yakni: 1) bagaimana struktur yang membangun keseluruhan sajak “Doa Khong Guan� dan 2) apa makna yang dibangun dalam sajak tersebut?. Kedua pertanyaan tersebut dibahas dengan teori strukturalisme dengan mengkaji dan menganalisis struktur puisi dari struktur fisik dan struktur batinnya. Setelah itu, sajak dapat dimaknai berdasarkan analisis struktur tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan berdasarkan pada objek dan data berupa sajak yang ditulis oleh Joko Pinurbo dalam kumpulan Perjamuan Khong Guan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sajak “Doa Khong Guan†memiliki struktur fisik dan struktur batin yang kuat dan kokoh baik dari bentuk, citraan, diksi, tema, bunyi, dan majas. Selain itu, unsur pembangun pada struktur batin juga menunjukkan bahwa sajak ini memiliki struktur yang saling melengkapi. Hasil dari analisis struktur ini menunjukkan makna sajak secara komprehensif, yakni tentang harapan, doa, dan keinginan seorang ibu kepada anaknya.

Kata Kunci: Struktur sajak, sajak, teori strukturalisme, Doa Khong Guan

References

Badrun, A. (2014). Patu Mbojo: Struktur, Konteks Pertunjukan, Proses Penciptaan dan Fungsi. Mataram: Lengge.

Depdikbud. (2015). KBBI Edisi V. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Isnaini, H. (2017). Analisis Semiotika Sajak "Tuan" Karya Sapardi Djoko Damono. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).

Isnaini, H. (2018). Ideologi Islam-Jawa pada Kumpulan Puisi Mantra Orang Jawa Karya Sapardi Djoko Damono. MADAH: Jurnal Balai Bahasa Riau, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud, Vol 9, No 1 (2018) 1-18.

Isnaini, H. (2021). Konsep Memayu Hayuning Bawana: Analisis Hermeneutika pada Puisi-Puisi Sapardi Djoko Damono. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Universitas Pasundan, Vol. 11. No. 1, 8-17. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/2849

Pinurbo, J. (2020). Perjamuan Khong Guan. Jakarta: Gramedia.

Putra, H. S. A. (2012). Strukturalisme Levi Strauss: Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Kepel Press.

Setiawan, S., Sudrajat, R. T., & Sukawati, S. (2020). Analisis Unsur Batin dalam Puisi "Kontemplasi" Karya Ika Mustika. Jurnal Parole, Volume 3, Nomor 3, 313-320.

Windusari, T., & Bahtiar, A. (2017). Menyelisik Gaya Bahasa dalam Kumpulan Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan, Volume 4 No. 2, 166-188.

Published

2022-03-05