ANALISIS RESPONS PESERTA DIDIK TERHADAP E-MODUL BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN TEKS NARASI CERITA FANTASI KELAS VII

Authors

  • Nadya Ananda Putri IKIP Siliwangi
  • Teti Sobari IKIP Siliwangi
  • Eli Syarifah Aeni IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v7i2.17731

Keywords:

E-Modul, Aplikasi Canva, Teks Narasi Cerita Fantasi

Abstract

Pembelajaran teks narasi cerita fantasi dipelajari pada jenjang sekolah menengah pertama yang menyampaikan karya tulisan berupa imajinasi atau khayalan seorang penulis. Berdasarkan praktik pengalaman lapangan yang telah dilakukan, penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran teks narasi cerita fantasi kelas VII. Fakta di lapangan ditemukan bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku paket. Hal ini disebabkan keterbatasan proyektor di dalam kelas. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respons peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar e-modul menggunakan aplikasi Canva pada pembelajaran teks narasi cerita fantasi. Untuk itu, peneliti menggunakan bahan ajar berupa e-modul menggunakan aplikasi Canva untuk mengatasi masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data menggunakan instrumen berupa angket untuk mengetahui respons peserta didik terhadap bahan ajar e-modul yang terdiri dari 10 pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui angket mendapatkan hasil presentase terendah sebesar 80,66%, tertinggi sebesar 95,33%, dan hasil akumulasi akhir data memperoleh presentase sebesar 87,86% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa respons peserta didik terhadap pembelajaran teks narasi cerita fantasi dengan menggunakan e-modul berbantuan aplikasi Canva mendapat respons sangat baik dari peserta didik kelas VII J SMP Negeri 6 Cimahi.

References

Aeni, E. S., & Permana, I. (2022). Pemanfaatan Fitur Track Change Pada Perkuliahan Editing di Perguruan Tinggi. Semantik. 11(2), 203–214. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i2.p203-214

Alwasilah, A. C. (2011). Pokoknya Kualitatif Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya

Cayeni, W., & Utari, A. S. (2019). Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan : Tantangan Guru Pada Era Revolusi Industri 4. PROSIDING SEMINAR NASIONAL. 0. 658–667.

Christiana, E., & Anwar, K. (2021). The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Luei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics. 5(1). 66-69

Dewi, A. C. (2016). Pengembangan Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Etimologi Multimedia Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika. 1(1). 1-7

Fajria, N. (2017). Pelaksanaan pembelajaran teks cerita fantasi di kelas VII F SMP Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - S1. 6(2)

Khairiyah, U., & Faizah, S. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Modul Tematik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam. 2(1)

Sitompul, S. W. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Teks Diskusi Berbasis Penemuan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan. Tesis. Sekolah PascaSarjana. Universitas Negeri Medan: tidak diterbitkan

Pramana, M. W., Jampel, I. Y., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 8(2). 17-32. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Penerbit Deepublis

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G.A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(2)

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: IKAPI (Anggota Ikatan Penerbit Indonesia)

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. 12(1). https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463

Downloads

Published

2024-01-30