RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA FOTO PERISTIWA DALAM KEGIATAN MENULIS TEKS BERITA
DOI:
https://doi.org/10.22460/parole.v8i2.25002Keywords:
Teks Berita, Foto Peristiwa, Problem Based LearningAbstract
Pada jenjang pendidikan keterampilan berbahasa dipelajari oleh seluruh peserta didik. Terdapat beberapa peserta didik kesulitan dalam meningkatkan potensi keterampilan menulis dirinya dan membutuhkan inovasi dalam kegiatan menulis. Salah satu cara mengatasinya dengan menggunakan strategi pembelajaran, yaitu menerapakan model PBL berbantuan media peristiwa. Model PBL berbantuan media foto peristiwa adalah sebuah metode memberikan sesuatu permasalahan yang dimodifikasi dengan bantuan media foto peristiwa sehingga peserta didik dapat mengamati objek secara langsung dan dekat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan pengaplikasian model PBL berbantuan media foto peristiwa pada kegiatan keterampilan menulis teks berita. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif. Objek yang terdapat pada penerlitian ini merupakan peserta didik SMP kelas VII. Intrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket. Hasil penelitian, sebaran angket yang dibagikan kepada 37 responden memperoleh rata- rata persentase 76,75% termasuk dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik memberikan respon yang sangat baik terhadap penggunaan model PBL berbantuan media foto peristiwa dalam kegiatan keterampilan menulis teks berita.
References
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023
Amalia, Z. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Media Foto Peristia Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Pekalongan Tahun Ajar 2012/2013. 1–239.
Arizal, J., Mardiati, M., & Jumiatik, J. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Video Youtube Pada Peserta didik Kelas VIII SMP Swasta Karya Kartini. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 50–59. https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.457
Aslamiyah, U. M., Wikanengsih, & San Fauziya, D. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Debat Menggunakan Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Boneka Kaus Kaki Pada Peserta didik Sma Kelas X. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 19–30. https://doi.org/10.22460/parole.v6i1.12126
Azkani, N., & Kartolo, R. (2023). Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Moral dari Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburahman El Shirazy. 3(9), 7429–7434.
Fitriani, W. nur, Wikanengsih, & Reka Yuda Mahardika. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Canva Pada Materi Teks Iklan Kelas VIII. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 243–252. https://doi.org/10.22460/parole.v6i3.19536
Indriani, N. E. P. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. 1–29.
Irawan, F. B. (2019). Menyingkap Kualitas Pelayanan Pada Toko Kelontong Aulia Anugerah Pati. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 26–35. https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2015/B.111.15.0308/B.111.15.0308-15- File-Komplit-20200323090502.pdf
Safitri, A. (2020). Penggunaan Media Gambar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 24–36.
Setiawan, P., Suhara, A. M., & Mustika, R. I. (2023). Respon Peserta didik Terhadap Bahan Ajar Audio Visual Dalam Kegiatan Menulis Teks Berita. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(6), 529–536. https://doi.org/10.22460/parole.v6i6.15645
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.