PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS XI MA MUSLIMIN CIJENUK
DOI:
https://doi.org/10.22460/parole.v8i2.28380Keywords:
model circ, menulis, teks cerpenAbstract
Abstract
Short story writing is one of the productive language skills that demands creativity, logic, and mastery of narrative structure. This skill not only fosters self-expression but also enhances students’ critical and imaginative thinking. This study aims to examine the effectiveness of the CIRC learning model in improving students’ short story writing skills. The research was conducted at MA Muslimin Cijenuk with a sample of 30 eleventh-grade students. A mixed-method approach with a sequential explanatory design w as employed. Data were collected through tests, observations, questionnaires, and interviews. The CIRC learning model was implemented in two sessions involving activities such as reading, group discussions, writing, feedback, and revision. The findings indicate a significant increase in post-test scores compared to pre-test scores. The average score improved from 57.00 to 82.33, suggesting that the CIRC model is effective in enhancing students’ short story writing skills.
Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition, Writing Skills, Short Story, CIRC, Cooperative Learning
Abstrak
Menulis cerpen adalah salah satu keterampilan berbahasa produktif yang menuntut kreativitas, logika, dan penguasaan struktur naratif. Keterampilan ini tidak hanya melatih ekspresi diri, tetapi juga kemampuan berpikir kritis dan imajinatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa. Penelitian ini dilakukan di MA Muslimin Cijenuk dengan sampel sebanyak 30 siswa kelas XI. Metode yang digunakan adalah metode campuran (mixed method) dengan desain sequential explanatory. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, angket, dan wawancara. Model pembelajaran CIRC diterapkan dalam dua pertemuan yang mencakup kegiatan membaca, diskusi kelompok, menulis, pemberian umpan balik, dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai post-test dibandingkan pre-test. Rata-rata nilai meningkat dari 57,00 menjadi 82,33. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa.
Kata Kunci: Cooperative intregated reading and composition, keterampilan menulis, cerpen, CIRC, pembelajaran kooperatif
References
Ahyar Hidayat, Wikanengsih, W., & Fauziya, D. S. (2020). Pembelajaran menulis cerpen menggunakan metode Picture and Picture. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Azzahra, I. S. S. (2019). Disgrafia: Gangguan menulis pada anak usia sekolah dasar. Diakses dari https://www.academia.edu/download/61126643/MAKALAH_ DISGRAFIA20191104-44021-10m0yat.pdf
Eliantari, N. P. R., Kristiantari, M. R., & Sujana, I. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan Circular Card terhadap keterampilan menulis. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 55–63.
Gumiati, T., & Gunawan, G. (2023). Penggunaan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran menulis cerpen. Jurnal Pendidikan dan Literasi, 12(1), 20–30.
Slavin, R. E. (2008). Cooperative learning: Teori, riset, dan praktik. Bandung: Nusa Media.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Wikanengsih, W. (2020). Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Bandung: Manggu.
Wikanengsih, W. (2013). Pembelajaran menulis dan berpikir kritis. Bandung: IKIP Siliwangi Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.