HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GUNUNG TALANG
Abstrak
Peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang dan  mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang yang terdaftar tahun ajaran 2019/2020. Jumlah siswa kelas VII pada semester ini adalah 211 orang yang tersebar dalam tujuh kelas, yaitu kelas VII Aksel, kelas VII A, kelas VII B, kelas VII C, kelas VII D, kelas VII E, dan kelas VII F. Mengingat jumlah populasi lebih dari 100 orang maka perlu diadakan penyampelan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik simple random sampling. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi baik (78,28). Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang belum memenuhi KKM karena rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang lebih kecil daripada KKM (78,28<80,00). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X VII SMP Negeri 2 Gunung Talang  berada pada kualifikasi baik (78,67). Keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang belum memenuhi KKM karena rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP SMP Negeri 2 Gunung Talang lebih kecil daripada KKM (78,67<80,00).
Referensi
Abdurahman dan Ellya Ratna. 2003. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.†(Buku Ajar). Padang: FBS UNP.
Agustina. 2008. “Pembelajaran Keterampilan Membacaâ€. (Buku Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP.
Alwi, Hasan dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia III. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Revisi V). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gani, Erizal. 2011. Komponen-Komponen Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Ibnu, Suhadi dkk. 2003. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.