PENERAPAN MEDIA FILM PENDEK UNTUK MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.22460/parole.v5i2.10659Kata Kunci:
Short Film, Discovery Learning Method, Fantasy Story TextAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran yang berupa film pendek film pendek untuk model Discovery Learning dalam materi menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 2 Lembang penelitianiini dilaksanakan selama dua kali pertemuan secara langsung dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Data yang diambil dari penelitian ini berupa data yang diperoleh dari instrumen penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi pada perserta didik selama aktivitas proses kegiatan pembelajaran berlangsung dengan penerapan media film pendek untuk model Discovery Laerning dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Data yang telah diperoleh lalu dianalisis dengan menggunakan motode Deskriptif Kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa dengan diterapkanya media film pendek untuk model Discovery Learning dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi sangat efektif untuk pembelajaran menulis serta membuat peserta didik lebih aktif, dapat betpartisipasi dan mampu berdiskusi bersama teman kelompoknya dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu menyajikan teks cerita fantasi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita fantasi pada lembar LKPD baik secara kelompok maupun individu dengan lebih teratur, terarah dan juga mudah dimengerti. Media pembelajaran dengan menggunakan media film pendek dapat membuat guru lebih kreatif dan inovatif, sehingga suasana dalam proses pembelajaran akan lebih menyenangkan.
Referensi
Agustina, K. A. (2015). Penggunaan Film Pendek untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMPN 1 Gerokgak Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1-12.
Amri Sofan. (2013). No Title. In Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 (p. 241). Penerbit PT.Prestasi Pustakaraya.
Barus, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek. 2(2), 142-148.
Faradinna, A. R. (2018). Penerapan Media Film Dalam Pembelajaran Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IBB SMAN 2 Sidoarjo. Jurnal Lanterne, 7(1), 101-114.
Fauziah N. (2017). Pengaruh Penerapan Media Film Pendek terhadap Kemampuan Menulis Naslah Drama pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Klirong. In Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Haq, D. S. (2015). Silviculturae Mendelianae Brunensis (Vol. 53, Issue 9). https://www.scoutsecuador.org/site/sites/default/files/%5Bbiblioteca%5D/5.1 ConservaciondealimentosyRecetas sencillas.pdf%0Ahttp://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx
Khaerunnisa. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Mpenerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.JurnalGlobalEdukasi,3(4),239-247. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/501
Lestari, M. (2015). No Title. Jurnal Pendidikan, 1, 2.
Margawati, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Media Film. Pendidikan Indonesia, 02(10), 2. 72-Article Text-711-1-10-20210125.pdf
Romelah, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Kata Mengalir Berbantuan Media Benda Konkret Pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Pagentan. LINGUA: Journalof Language, Literature and Teaching,13(1),59-72. https://doi.org/10.30957/lingua.v13i1.11
Souhuwat, A. V. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Dengan Model Discovery Learning dan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII SMPN Negeri 3 Ambon. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 167–178. https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no3hlm167-178
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.