PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR BERBASIS APLIKASI IBIS PAINT X DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS XI SMA

Authors

  • Ayu Vitriani IKIP Siliwangi
  • Diena San Fauziya IKIP Siliwangi
  • Suhud Aryana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v5i1.11605

Keywords:

Karikatur, Ibis Paint, Cerita Pendek.

Abstract

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Tujuannya untuk mendeskripsikan dan menjelaskan hasil penggunaan media karikatur dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI SMA yang akan membantu siswa untuk mengatasi kesulitan menulis cerpen, mengemukakan ide yang kreatif dan meningkatkan kualitas menulis cerpen. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diantaranya; 1) lembar validasi; 2) lembar observasi; 3) angket; dan 4) tes, untuk mengetahui respons siswa, tes lembar kerja untuk hasil soal pengetahuan dan keterampilan siswa daripada penelitian ini. Teknik pengolahan data menggunakan skala Guttman. Keberhasilan pembelajaran menulis cerpen dapat dilihat dari tes pengetahuan dan keterampilan. Nilai rata-rata pada tes keterampilan yaitu 86,6%. Pada tes pengetahuan, kesulitan yang dialami siswa terdapat pada soal nomor 2, 4, dan 8, mengenai sudut pandang, unsur intrinsik bagian alur, dan mengenai isi tersirat pada cerpen. Adapun hasil respons siswa yang sangat baik dari siswa dengan skor 93,3%. Berdasarkan hasil menulis siswa, dan hasil respons siswa, penggunaan media karikatur dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen.

 

Author Biographies

Ayu Vitriani, IKIP Siliwangi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Diena San Fauziya, IKIP Siliwangi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Suhud Aryana, IKIP Siliwangi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Astuti, E. (2021). Model Contextual Teaching And Learning ( Ctl ) Bermedia Karikatur Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 1 Cisarua Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 4(2), 96-106.

Astuti, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Dengan Media Karikatur Pada Siswa Kelas Xi Smk Tamtama Prembun Tahun Pelajaran 2013/2014.

Bhatt, M. (2005). Ruskin Bond As A Short Story Writer: A Critical Study.

Dihyah, M. (2021). Pengembangan Media Komik Strip Menggunakan Aplikasi Ibis Paint X Untuk Pembelajaran.

Fauziya, Diena San. Wikanwngsih. Sari, L. (2020). Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Melalui Metode Mind Mapping. 3, 159–170.

Fitriah, N. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Berita Menggunakan Metode Group Investigation Pada Kelas Viii Smpal-Mahmud Plus.

Kaharudddin, Ramlah. Wikanengsih, Fauziya, D. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Drama Menggunakan Model Example Non Example Berbantuan Media Gambar Karikatur. 3, 219-228.

Kurniawati, Muhammad Rapi Tang, M. S. (2018). Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas Xi Sma Negeri 9 Makassar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952., 12(3), 351-376. Https://Doi.Org/10.1016/J.Phrs.2020.104743%0ahttps://Doi.Org/10.1057/S41267-019-00222-Y

Lafamane, F. (2020). Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama).

Lindawati&Hendri. (2016). Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif Untuk Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. 28-29.

Nuritta, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. 19-35.

Parendra, D. D., Wirya, N., & Japa, I. G. N. (2013). Pemanfaatan Media Karikatur Untuk Meningkatkan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd. Ejournal Undiksa.

Pranoto, S. Dwi. (2012). Pemanfaatan Media Karikatur Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII A Smp Bhineka Karya Musuk Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Ilmiah.

Pratama, D. (2014). Media Karikatur Pada Siswa Kelas Xi Smk Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2013 / 2014. 1–8.

Refa, L., Umar, S., & Usman, A. (2018). Pengembangan Media Karikatur Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Keterampilan Menulis Argumentasi. 1-14.

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Buku Diktat. Sumatra Utara: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Setiani, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Teks Cerita Pendek Berbasis Adobe Flash Cs5 Untuk Kelas Xi Sma. Universitas Negeri Yogyakarta, 1-162. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/33514099.Pdf

Syafutra, Dewan & Samhati, S. (2017). Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. 1-12.

Wulandari, J. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Karikatur Dua Dimensi Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Ii Sdn 59 Seluma.

Wuryani, W. (2017). Pesona Karya Sastra Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Budaya Indonesia. 87-101.

Downloads

Published

2022-01-06