PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.22460/parole.v6i3.18849Kata Kunci:
anecdotal text, discovery learning, canvaAbstrak
Penelitian ditujukan untuk melihat kemahiran siswa dalam menulis teks anekdot di kelas X TBSM 1 SMK An-Nur Ibun. Permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas X TBSM 1 SMK An-Nur Ibun yaitu terdapat beberapa peserta didik yang malas pada saat kegiatan belajar mengajar. Masalah tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan menurunkan kualitas peserta didik di SMK An-Nur Ibun khususnya di kelas X TBSM 1. Harus adanya peningkatan pembelajaran yang disertai dengan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, peneliti memilih model discovery learning sebagai modelnya dan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajarnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes di awal atau disebut dengan pretest ata tes yang dilakukan di awal sebelum diterapkan model discovery learning pada pembelajaran dan tes akhir atau disebut dengan posttest atau tes akhir yaitu tes yang dilakukan sesudah diterapkan model discovery learning pada pembelajaran. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen, yaitu; 1) lembar observasi guru,2) lembar observasi siswa yang ditujukan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari tujuan pembelajaran pada proses pembelajaran serta 3) lembar soal tes untuk pencapaian siswa setelah materi selesai disampaikan. Terjadi perubahan yang meningkat dari tes awal dan tes akhir sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dimana pembelajaran bertumpu kepada siswa. Nilai rata-rata yang didapat sebelum menggunakan model Discovery Learning yaitu 65,04 sedangkan sesudah menggunakan model Discovery Learning nilai rata-rata yang didapatkan siswa meningkat yaitu menjadi 89,19. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan aplikasi canva berhasil dan sesuai digunakan pada kegiatan pembelajaran teks anekdot di kelas X TBSM 1 SMK An-Nur Ibun.Referensi
Kemendikbud. (2014). Model Discovery Learning: Lampiran III: Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014. Jakarta: Tidak diterbitkan
Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y (2022). Pemanfaatan Media Canva dan Aplikasi Quizizz
pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik SMP. Jurnal Semantik. Vol 11, No. 1
February 2022.
Ni Luh Gede Riwan Putri Bintari. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. Repo IAIN Tulungagung.
Nurhayati, E. (2022). Penguatan Literasi Guru Melalui Pengembangan Model Blended
Learning Berbantuan Moodle. Jurnal Semantik. Vol. 11, No. 2, September 2022
Rostikawati, dkk (2021). Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal High Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Diglosia (Jurnal Pendidikan, Kebahasaan dan Kesusastraan Indonesia) vol. 5, no.1, Februari 2021.
Triyadi, S. & Nurhayati, E. (2021). Kesantunan Berbahasa Dalam Komentar Pembaca
Berita. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA.
Triyani, Neni, dkk. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran
Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP
Siliwangi).
Diterbitkan
Versi
- 2023-05-27 (3)
- 2024-02-27 (2)
- 2024-02-27 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.