EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EDITORIAL MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN NEARPOD PADA SISWA KELAS XII

Penulis

  • Siti Aisyah IKIP Siliwangi
  • Enung Nurhayati IKIP Siliwangi
  • Woro Wuriyani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v8i1.24755

Kata Kunci:

Teks Editorial, Problem Based Learning, Nearpod

Abstrak

This study began with the problem of students struggling to write editorial texts. This difficulty arose due to the conventional teaching methods used by teachers and the limited use of innovative learning media. To address this issue, the researcher employed an innovative teaching model, Problem-Based Learning, assisted by Nearpod. The study aimed to determine the effectiveness of editorial text writing learning using Problem-Based Learning assisted by Nearpod. The research used a quantitative approach and an experimental method with a one-group pretest-posttest design. The results showed that the average pretest score was 65, while the posttest score was 85. The results indicated that the p-value was less than 0.05, which falls within the acceptance range of Ha (0.000 < 0.05). Therefore, Ha was accepted and Ho was rejected. Based on the N-Gain test results, the score obtained was 0.56, which falls within the moderate category. Thus, Problem-Based Learning assisted by Nearpod is deemed effective in improving the learning outcomes of writing editorial texts.

Referensi

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Aslami, R. (2021). Optimalisasi pembelajaran bahasa indonesia menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148.

Aulia, R., Haryadi, & Nuryatin, A. (2024). Efektivitas Keterampilan Menulis Teks Editorial dengan Metode Eksperimen Berbantuan Media Youtube pada Siswa SMA. Cakrawala : Jurnal Pendidikan, 18(1), 79–87. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v18i1.428

Ayu, I., Wedasuwari, M., Kadek, N., Ariyanthi, M., & Nyoman, I. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Siangan. Sphota: Jurnal Linguistik Dan Sastra, 14(1), 12–21.

Biassari, I., & Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Seminar Pendidikan, 4(1), 62–74.

Firdaus, A. A. (2024). Implementasi Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi dengan Model Problem Based Learning di SMA Negeri 1 Ngrambe. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(3), 3223–3233.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69

Jazuli, M., & Firdaus. (2022). Urgensi Budaya Literasi dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia Sebagai Manusia Pembelajar Di Pondok Pesantren Rahmatuthoyyibah Al Iflahah Tangerang Banten. Jurnal Abdimas, 3(2), 67–75.

Kristyanawati, M. D., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 192–202. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p192-202

Maula, A., Khuzaemah, E., & Herawati, L. (2024). Atiyatul Maula. Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 51–61. https://doi.org/10.33369/diksa.v10i1.31236

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). (Indonesia Jurnal Sakinah) Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2(1), 14–23.

Nurhayati, E., Sapdiani, R., Sudrajat, R. T., & Farihah, Z. L. (2019). Pengaruh Tabungan Literasi Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Tanggapan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Cimahi. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 3(2).

Nurmiati, M., Wikanengsih, & Permana, A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod pada Materi Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMAN 1 Batujajar. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 5(2).

Pertiwi, L. B., & Dawud, D. (2018). Argumentasi Dalam Teks Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.17977/um007v2i12018p001

Puspitasari, P., Putri, P. S. J., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227–232.

Rahayu, D. A., Anggrasari, L. A., & Solikah, O. H. (2022). Efektivitas Media Nearpod Terhadap Minat Belajar Siswa. Konferensi Ilmiah Dasar, 3(1), 341–346. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Rajma, S., Saleh, S., & Yusna, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning SMK Negeri 1 Pangkep Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Peningkatan, 4(1), 95–105.

Ramadhan, N. B., Japar, M., & Raharjo. (2023). Perbedaan Hasil Belajar PPKn dengan Menggunakan Aplikasi Zoom dan Nearpod di SMAN 61 Jakarta. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 204–212. https://doi.org/10.36805/civics.v6i2.1740

Riyanto, C. P. P., & Hendriani, D. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Al Huda Bandung Kabupaten Tulungagung. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 123–135. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2876

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (27th ed.). ALFABETA.

Uluk, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik dalam Pembelajaran Materi Teks Editorial dengan Model Discovery Learning Berorientasi HOTS Melalui Google Classroom. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2).

Wirabumi, R. (2020). Metode pembelajaran ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), 105–113.

Yuliani, & Sujinah. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Mode Hybrid pada Pembelajaran Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 04(2), 170–180.

Diterbitkan

2025-03-15