The Use of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Models to Improve Elementary School Science Concept Understanding
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v4i1.23530Kata Kunci:
Pemahaman konsep, Pembelajaran IPA, STEM.Abstrak
Pada hakikatnya pembelajaran IPA di sekolah dasar pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk melihat fakta, konsep dan teori yang berkaitan dengan alam semesta. Guru diharapkan mampu mengetahui dan mengidentifikasi pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA pada materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model STEM. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Cilumba. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian analisis pemahaman konsep IPA menunjukkan bahwa sebanyak 26,66% siswa memiliki kategori sangat baik, 60,01 % masuk pada kategori baik, dan 13,33% pada kategori cukup. Kesimpulannya, kemampuan pemahaman konsep siswa masuk pada kategori baik, meskipun masih ada sebagian kecil siswa yang masih berada di kategori cukup.
Referensi
Afifah, A. (2021). Peningkatan keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA konsep tekanan zat cair melalui pendekatan stem (science technology engineering mathematic). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04, 75-79
Beers, S. Z. (2011). 21st Century Skills: preparing students for their future. Kappa Delta Pi.
Bruner, J. S. (1961). The act of discovery. Harvard Educational Review, 31(1), 21–32.
Bybee, R. W. (2013). The case for stem education: challenges and opportunities. National Science Teachers Association (NSTA) Press.
Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya pemahaman konsep untuk mengatasi miskonsepsi dalam materi belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13.
Fitriansyah, Werdhiana, I. K., & Saehana, S. (2021). Pengaruh pendekatan stem dalam model inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan kerja ilmiah materi ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 23 (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ishak, A. M., Israwaty, I., & Halik, A. (2021). Penerapan pendekatan stem untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar kelas lima di kabupaten barru. Pinisi Jurnal of education, 1.
Mohyeden, J. (2021). Meningkatkan pemahaman konsep cahaya melalui penerapan metode praktikum pada siswa kelas v SDI Paupanda 3. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6.
Ningsih, D. S. (2019). Meningkatkan pemahaman konsep IPA melalui metode demonstrasi di kelas Vb SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4, 22-40.
Oktapiani, N., & Hamdu, G. (2020). Desain pembelajaran stem berdasarkan kemampuan 4C di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII.
Perdiansyah, F., & Prilia, A. D. (2021). Upaya meningkatkan pemahaman konsep ipa melalui model pembelajaran probing prompting kelas III SDN Batujaya kota Tangerang. Jurnal pendidikan dasar.
Radiusman. (2020). STUDI LITERASI: Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6.
Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan hasil belajar ipa peeserta didik menggunakan model pembelajaran make a match pada kelas 4 SD. XXXV.
Rahayu, J., Salam, R., & Hamkah, M. (2021). Peningkatan hasil belajar ipa melalui model problem based learning pada siswa SD. Jurnal PGSD, 1.
Roehrig, G. H., Moore, T. J., Wang, H.-H., & Park, M. S. (2012). Is adding the e enough? Investigating the impact of k-12 engineering standards on the implementation of stem integration. School science and mathematics, 112(1), 31–44. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2011.00112.x
Sanders, M. (2009). STEM, stem education, stemmania. The Technology Teacher, 68(4), 20–26
Setiawan, N. C., Sutrisno, Munzil, & Danar. (2020). Pengenalan stem (sains, technology, engineering and mathematic) dan pengembangan rancangan pembelajarannya untuk merintis pembelajaran kimia dengan sistem SKS di kota Madiun. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5.
Soleman, N., & Umanahu, M. (2023). Meningkatkan hasil belajar ipa materi kerusakan lingkungan melalui strategi modeling the way. Jurnal PENDAS, 5.
Suroto. (2021). Penerapan metode stem berbasis proyek untuk meningkatkan hasil dan keaktifan belajar mata pelajaran sistem kontrol terprogram. Jurnal edukasi elektro, 05.
Susanti, N. K., Asrin, & Khair, B. N. (2021). Analisis tingkat pemahaman konsep ipa siswa kelas v sdn gugus v kecamatan cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6.
Suwardi. (2021). STEM (sains, technology, engineering and mathematic) inovasi dalam pembelajaran vokasi era merdeka belajar abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1.
Trianingsih, R. (2023). Peningkatan hasil belajar ipa tentang sistem tata surya melalui media audio visual di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6.
Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis stem untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Journal of Education Action Research, 5.
Wandini, R. R., Sari, P. Z., Rini, N. I., Aprianni, S., & Rahmadani, A. (2022). Menerapkan proses keterampilan dalam pembelajaran ipa di MI/SD. 4.
Wati, U. B., Hakim, L., & Treny, H. (2022). Analisis pemahaman konsep ipa materi sifat-sifat cahaya siswa kelas v. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4.
Zulkarnain , I., & Budiman, H. (2019). Pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Journal Of Education, 6.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ade Nira Susilawati, Jajang Bayu Kelana, Muhammad Ghiyats Ristiana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Artikel Serupa
- Oky Prayogi, Ryan Dwi Puspita, Implementation of Constructivism-Based Game-Based Learning Model in Science Learning for Grade IV , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Yanuar Rafindo, Puspa Dianti, Laili Linda Hartati, ImproviApplication of ICT-Based Problem Based Learning Method as a Learning Innovation for Pancasila Education to Improve Learning Outcomes of Class VII D Students of SMPN 51 Palembangng Student Motivation in Learning Pancasila Education with Bamboozle Media Games in Class VII B SMP Negeri 51 Palembang , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Mira Astria, Ryan Dwi Puspita, Application of Humanistic Theory Assisted by Deep Learning in Science Learning Grade 4 SDN 108/1 Sungai Rumbai , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Kamilia Salsabila, Susanti Sufyadi, Agus Hadi Utama, Systematic Literature Review: The Utilization of the Edutainment Learning Model on Students’ Learning Motivation , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Izzah Millati, Agustina Tyas Asri Hardini, Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Ayang Wike Sintia, Jajang Bayu Kelana, Anugrah Ramadhan Firdaus, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI KELAS VI SEKOLAH DASAR , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 1 (2024): June
- Julia Julia, Umi Chotimah, Tyas Masito Mutiara, Enhancing Learning Motivation of Grade XI.9 Students Through Zep Quiz Media in Civics Education at SMA Negeri 3 Palembang , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Enur Nurmawati, MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 3 CIPATAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 1 (2024): June
- Nuraini Nuraini, Camellia Camellia, Maimun Maimun, The Implementation of Culturally Responsive Teaching (CRT) Approach to Improve Learning Outcomes and Learning Motivation of Grade XI.3 Students at SMA Negeri 1 Palembang , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Luviani Sri Rezeki, Trisna Nugraha, PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.