MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING

Amalia Septiani Hermawan, Wahyu Hidayat

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan penalaran matematik siswa SMP yang masih sangat rendah. Pentingnya kemampuan tersebut karena merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika. salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa adalah pembelajaran yang menggunakan pendekatan penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini untuk mengamati dan menelaah pencapaian kemampuan penalaran matematik siswa SMP melalui pendekatan penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran biasa, mengamati dan menelaah peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa SMP melalui pendekatan penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran biasa. Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan pretes dan postes kelas eksperimen dan kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cimahi. Sampel diambil hanya dua kelas secara purposive sampling yaitu kelas VII j sebagai kelas eksperimen dan kelas VII i sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pencapaian kemampuan penalaran matematik siswa SMP melalui  pendekatan penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran biasa, Peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa SMP melalui pendekatan penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran biasa.

Keywords


Kemampuan Penalaran, Pendekatan Penemuan Terbimbing

References


Abdurahman, D. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi serta Disposisi Matematik Siswa SMP melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Arsefa, D. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik serta Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Bani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Prosiding: Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. UNY. Yogyakarta.

Purwasih, R., Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., & Hidayat, W. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives, 2(1).

Hutajulu, M. (2010). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Sajidah, Y. (2012). Menningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Skripsi. STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.


Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 --------------------------------------------------------------------------------

JPMI is published by IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia

Publisher Address:

HKI & Publikasi IKIP Siliwangi

Building D - First Floor - Room D-12

Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi 40526

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi

jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

editor_jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

 

JPMI by https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

p-ISSN: 2614-221X  e-ISSN: 2614-2155

 

JPMI has been indexed at: 

Google Scholar.

  

 



View JPMI Stats