PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.11018Keywords:
Problem Based Learning, Mathematical Understanding, One Variable Linear InequalityAbstract
References
Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120–127. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p120-127.171
Arnidha, Y. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Bangun Datar. JPGMI, 3(1), 53–61. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&cluster=10027778606826906227
Arsiyanto, A. R., Wanabuliandari, S., & Fajrie, N. (2021). Faktor-Faktor Hasil Pemahaman Konsep Metamatis Dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 1–14.
Dama, Y. F., Bhoke, W., & Rawa, N. R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. Jurnal Citra Pendidikan, 1(4), 610–618.
Fatimah, Syah, A., & Ekawati, D. (2019). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Kahu. JPCS (Journal Peqguruag : Conference Series), 1(2).
Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 11–18. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3il.pl 1-18
Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 576–580.
Maghfiroh, L., Mustangin, & Fuady, A. (2020). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Penyajian Data Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, Penelitian, Dan Pembelajaran, 15(33), 38–45.
Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siwa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993–1004. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p993-1004
Nurmaenah, N. C., Agina, S., Afrilianto, M., & Sariningsih, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan Menggunakan Pendekatan Saintifik Dengan Setting Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 537–546. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.537-546
Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Jurnal Mosharafa, 5(1), 10–17.
Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 5(1), 67–76.
Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan : Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Cibadak. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93–102. https://doi.org/10.23969/symmetry.v3i2.1284
Riana, E., & Gafur, A. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Deskriptif Untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 212–224.
Titasari, N., Hendriana, H., & Setiawan, W. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Menggunakan Problem Based Learning. Journal On Education, 01(03), 550–561. http://jonedu.org.