MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBANTUAN VISUAL BASIC APPLICATION FOR MICROSOFT EXCEL

Martin Bernard

Abstract


Mata pelajaran matematika saat ini merupakan pelajaran yang masuh ditakuti oleh banyak siswa-siswa dari tingkat dasar sampai tingkat menengah atas. Hal ini mendorong setiap mahasiswa sebagai calon guru harus memiliki kemampuan untuk memunculkan ide baru untuk mengatasi kesulitan siswa-siswa untuk belajar matematika. Salah satunya adalah mahasiswa harus menciptakan media pembelajaran menggunakan alat peraga. Tentunya alat peraga yang dibuat akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, TIK merupakan suatu media yang paling efektif untuk menciptakan alat peraga yang berupa visual dan menjadikan belajar matematika siswa menjadi aktif dan menyenangkan. Program yang digunakan oleh mahasiswa adalah Microsoft Excel dengan menggunakan bahasa program Visual Basic Application. Program tersebut membantu mahasiswa-mahasiswa menciptakan kemampuan kreatif matematika untuk membuat media pembelajaran matematika yang baru berdasarkan pernyataan dari berbagai obyek yang dibentuk menjadi sebuah media. pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan problem posing dimana dari satu pernyataan sebagai masalah yaitu gambaran-obyek obyek  yang tersedia akan disusun dalam komputer, tugas mahasiswa-mahasiswa membuat cara yang berbeda yang dijalankan dengan Visual Basic Application for Microsoft Excel. Penilaian kreatif mahasiswa-mahasiswa dapat dilihat saat tugas awal pembuatan karyanya dan akhir pembuatannya dan akan terlihat seberapa besar perubahan kreatif mahasiswa yang lebih baik saat menggunakan Visual Basic Microsoft Excel, dan penilaian tersebut menggunakan uji t  pada dua kelas untuk melihat perbedaan rata-rata dua kelas yaitu pembelajaran matematika yang menggunakan TIK yang menggunakan pendekatan problem posing dang cara biasa.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif, Pendekatan Problem Posing, Visual Basic Application for Microsoft Excel

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 --------------------------------------------------------------------------------

JPMI is published by IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia

Publisher Address:

HKI & Publikasi IKIP Siliwangi

Building D - First Floor - Room D-12

Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi 40526

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi

jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

editor_jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

 

JPMI by https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

p-ISSN: 2614-221X  e-ISSN: 2614-2155

 

JPMI has been indexed at: 

Google Scholar.

  

 



View JPMI Stats