PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.13910Keywords:
Mathematical Communication Skills, One Variable Linear Equation, ContextualAbstract
References
Aripin, U., Setiawan, W., & Hendriana, H. (2019). Critical Thinking Profile of Mathematics in Integral Materials. Journal of Educational Experts, 2(2), 97–106. http://journal.kopertis-4.org/index.php/jee/article/view/54
Hasan, B. (2015). Penggunaan Scaffolding Untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(1), 88–98. https://doi.org/10.31597/ja.v1i1.169
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills and Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, M. (2012). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. INSANIA, 17(2), 231–247. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1500/1098
Isnaeni, S., & Zanthy, L. S. (2019). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. journal On Education, 01(03), 59–64. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2386/1347
Jenab, S., Islamiyati, M., & Sariningsih, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP untuk Mengetahui Pengaruh Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 941–948. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p941-948
Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., & Setiawan, W. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTs Pada Materi Perbandingan dan Skala. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 113–121. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p113-122
Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389–400. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=_G_bSGAAAAAJ&citation_for_view=_G_bSGAAAAAJ:9yKSN-GCB0IC
Nopiyani, D., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 45–52. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.259
Pandu, Y. K. (2020). Penerapan pendekatan PMR untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah Dalam PLSV. Prosiding Sendika. https://pmb.umpwr.ac.id/prosiding/index.php/sendika/article/view/1194
Retnasari, R., Maulana, & Julia. (2016). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi matematis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar kelas IV Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 391–400. https://www.academia.edu/download/58232733/JURNAL_2.pdf
Senjayawati, E. (2015). Penerapan Pendekatan Kontesktual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK di Kota Cimahi. Didaktik, 9(1), 33–39.
Sopia, N., & Kurniawati. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Terhadap Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22261
Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1), 16–23. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364
Suwandi, S. (2013). Modul Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Surakarta: ANZDOC. https://adoc.pub/modul-pendidikan-dan-latihan-profesi-guru-plpg-penelitian-ti.ht.