PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL PRETEST AKM NUMERASI SISWA DI SEKOLAH PENEMPATAN KAMPUS MENGAJAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17071Keywords:
Self-regulated Learning, Numeracy AKM, Teaching CampusAbstract
References
Afista, Y., Priyono, A., & Huda, S. A. A. (2020). Analisis kesiapan guru PAI dalam menyongsong kebijakan merdeka belajar. Journal of Education and Management Studies, 3(6), 53-60.
Ahmad, D. N., Setyowati, L., & Ati, A. P. (2021). Kemampuan guru dalam asesmen kompetensi minimum (AKM) untuk mengetahui kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1).
Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis rancangan assesmen kompetensi minimum (akm) numerasi program merdeka belajar. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80-90.
Andriani, L., Diana, S., & Hidayat, T. (2022). Analisis kemampuan numerasi siswa pada materi genetika berdasarkan asesmen kompetensi minimum (AKM). Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 5(2), 100-105.
Aryani, T. D., & Hasyim, M. (2018). Pengaruh kecemasan matematis, problem stress matematika, dan self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 243–252.
Aziz, H. E. (2020). Pengaruh kemandirian belajar matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Skripsi Universitas Singaperbangsa Karawang.
Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis kemampan numerasi peserta didik kelas viii dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439-1448.
Fajrianti, Z., & Firmansyah, D. (2021). Self-regulated learning siswa kelas vii smpn 5 karawang barat pada pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 762–768.
Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis pemahaman guru sekolah menengah pertama (smp) mengenai asesmen kompetensi minimum (AKM). EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550–1558. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.608
Halisa, N., & Hajron, K. H. (2022). Analisis kemampuan numerasi pada hasil asessmen kompetensi minimum (akm) di sd negeri 1 purwosari. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1144–1152. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Kemendikbud. (2021). Kemendikbud luncurkan kampus mengajar angkatan 1 tahun 2021. (Pengelola Web Kemdikbud, 09 Februari 2021). www.kemdikbud.go.id
Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Safitri, N. I., Tiana, F. A., Putri, D. A. K., & Pratama, A. A. (2022). Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan literasi numerasi peserta didik di sekolah dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(1), 8–14.
Purwanto, Ageng Jelly. (2021). Pemahaman siswa kelas xi smk negeri 1 pujer dalam menyelesaikan soal akm numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 109-115.
Pusat Asesmen Pendidikan. (2021). Asesmen nasional. https://pusmendik.kemdikbud.go.id
Putra, J. D. (2017). Learning Cycle 5E dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning matematika. PRISMA, 4(1), 43–56.
Resti, Y., Zulkarnain, Astuti, & Kresnawati, E. (2020). Peningkatan kemampuan numerasi melalui pelatihan dalam bentuk tes untuk asesmen kompetensi minimum bagi guru sdit auladi sebrang ulu ii palembang. In Y. Resti, Zulkarnain, Astuti, & E. S. Kresnawati (Eds.), Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER) (pp. 670–673). AVoER.
Zamnah, L. N. (2019). Analisis self-regulated learning yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan problem-centered learning dengan hands-on activity. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 56–63.