ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONEKSI MATEMATIS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17096Keywords:
Students’ Errors, Three-Variable Linear System Equation, Mathematical ConnectionAbstract
References
Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematik dan kepercayaan diri siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 25–32. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p25-32
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X dalam memecahkan masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574
Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa SMP dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking berbantuan software geogebra. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79–87. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.558
Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur kesalahan newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508
Gunawan, M. P. S., & Rosyana, T. (2022). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis materi sistem persamaan linear dua variabel. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif), 5(6), 1779–1786. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/10794
Hadin, Pauji, H. M., & Arifin, U. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematik siswa mts ditinjau dari self regulated learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif), 1(4), 657–666. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p657-666
Hakim, H., & Istiqomah, S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal uraian matematika kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan. UNION:Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 63–72. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.7611
Hartinah, S., & Ferdianto, F. (2019). Identifikasi kesalahan siswa dalam memahami materi SPLTV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 484–492. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/855
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard skills dan soft skills matematika siswa. Bandung : PT. Refika Aditama.
Khairunnisa, & Hasanah, R. U. (2022). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif), 5(5), 1397–1340. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/12347
Kuswanti, Y., Sudirman, & Nusantara, T. (2018). Deskripsi kesalahan siswa pada penyelesaian masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7), 865–872. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11286
Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan RME. Matematika: Jurnal Teori Dan Terapan Matematika, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.3691
Nurdianti, D., Rohaeti, E. E., & Senjayawati, E. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematik siswa kelas XII madrasah aliyah kota cimahi pada materi SPLDV. Jurnal On Education, 1(2), 126–131. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/36
Rohmah, H. F., & Warmi, A. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmatika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 469–478. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/6730
Romiyansah, R., Karim, K., & Mawaddah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 88–95. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8342
Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tiga aspek. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 91–107. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/180
Sirait, N., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2017). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLTV di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(11), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22920
Supartinah, A., & Hidayat, W. (2021). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan materi sistem persamaan linear tiga variabel. Prisma, 10(1), 54–65. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1266
Widiyawati, Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566
Yanti, R., Laswadi, Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399
Yuniar, D., Anita, L. W., & Rohaeti, E. E. (2018). Kajian kemampuan koneksi matematik dengan pendekatan contextual teaching and learning siswa sma pada materi Spldv. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 134–142. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.40
Zakiyah, S., Hidayat, W., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan respon peralihan matematik dari SMP ke SMA pada materi SPLTV. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.437