Penerapan model discovery learning berbantuan e-LKPD untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MA pada materi SPLTV
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17783Keywords:
Discovery Learning, Mathematical Communication, TVLES MaterialAbstract
References
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran daring materi eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438
Deriyanto, D., & Qorib, F. (2018). Persepsi mahasiswa universitas tribhuwana tunggadewi malang terhadap penggunaan aplikasi tik tok. Jisip:Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 77–83. www.publikasi.unitri.ac.id
Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Imran, N. ‘Afifah. (2014). Pengaruh pendekatan scientific terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika. Jurnal Bina Gogik, 1(2), 51–60. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/41
Nasrum, A. (2018). Uji normalitas data untuk penelitian. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. http://book.penerbit.org/index.php/JPB/article/view/115
Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-confidence. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 704–709. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213
Nugrawati, U., Nuryakin, & Afrilianto, M. (2018). Analisis kesulitan belajar pada kemampuan komunikasi matematis siswa MTs dengan materi segitiga dan segiempat. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 63–68. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/indomath
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas e-LKPD berbasis pendekatan investigasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Sari, L. K., Noer, S. H., & Bharata, H. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 4(2), 2–10. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/11252#
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1, 224–232. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193
Subekti, M. A. S., & Suparman. (2019). Analisis kebutuhan e-LKPD untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran discovery learning. Proceedings of the Steeem 2019, 1(1), 185–192. http://dx.doi.org/10.23887/jatayu.v2i2.28780
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. Maju, 7(2), 118–125. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/511
Widiani, T., Rif’at, M., & Ijuddin, R. (2016). Penerapan pendekatan saintifik dan pengaruhnya terhadap kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i1.13550
Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36
Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95
Yuliana, N. (2019). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 21–25. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.