MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Ade Yuanita, Asep Ikin Sugandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematik dan kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, pada awal dan akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA di Kota Cimahi, sedangkan sampel sekolahnya yaitu SMA Pasundan 1 Cimahi yang terdiri dari dua kelas yang dipilih secara tidak acak, yaitu kelas X-1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas Kontrol. Instumen seperangkat tes berbentuk uraian sebanyak 6 soal yang telah di uji cobakan dan dihitung validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukarannya. Kemudian soal tersebut disajikan dalam bentuk pretest dan posttest. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes uraian sebanyak lima soal, Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan koneksi matematik dan angket untuk mengetahui kemandirian belajar menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan koneksi matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. kemudian kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Dengan ketercapaian tersebut berada pada kategori tinggi dan sedang.

Keywords


Koneksi Matematik, Kemandirian Belajar, Pendekatan kontekstual

References


Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama. p27-28.

Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write(TTW). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA UNY.

Hidayat, W., & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematik Serta Kemandirian Belajar: Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write. Delta-Pi Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika - Universitas Khairun Ternate. Vol. 2, No. 1, 6p.

Purwasih, R., Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., & Hidayat, W. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives, 2(1).

Kadarisma, G. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Logis Matematika Serta Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Learning Cycle 5E dan Discovery Learning. Tesis Sekolah Pasca Sarjana UPI. Bandung: Tidak diterbitkan. 5p.

Linto, R. L., Elniati, S., & Rizal, Y. (2012). Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP. Vol. 1, No.1: Part 2, p83-84.

Nurina, L. A. (2014). Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Tesis Sekolah Pasca Sarjana UPI. Bandung: Tidak diterbitkan. 16p.

Rohidin, K. L. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur Untuk Meningkatkan Koneksi Matematik Dan Menurunkan Tingkat Kecemasan Matematik Siswa Kelas X SMA. Skripsi FPMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan. 15p.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. p187-198.

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw terhadap Kemadirian Belajar Siswa SMA. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 2, No. 2, 146p.

Sugandi, A. I. (2014). Pendekatan Kontekstual Sebagai Pendekatan dalam Pembelajaran yang Humanis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 1, 31p.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 --------------------------------------------------------------------------------

JPMI is published by IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia

Publisher Address:

HKI & Publikasi IKIP Siliwangi

Building D - First Floor - Room D-12

Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi 40526

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi

jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

editor_jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

 

JPMI by https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

p-ISSN: 2614-221X  e-ISSN: 2614-2155

 

JPMI has been indexed at: 

Google Scholar.

  

 



View JPMI Stats