Pengembangan Media Pembelajaran Ayam MSP Materi Satuan Panjang Berbantuan Aplikasi Scratch Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD Kelas III
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11103Keywords:
pengembangan media scratch, model discovery learning, pemahaman konsep matematikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Ayam MSP materi satuan panjang berbantuan aplikasi scratch dengan menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Sampelnya adalah siswa kelas III SDN Cigugur Tengah Mandiri 2 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan media sangat baik dan layak digunakan di lapangan serta dapat meningkatkan pemahaman siswa. Ini terlihat dari hasil validasi media serta hasil respon siswa terhadap  pemahaman konsep materi satuan panjang menggunakan media pembelajaran Ayam MSP berbantuan aplikasi scratch dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini menjadi bukti dengan rata-rata persentase validasi media 93% (sangat baik) dan rata-rata persentase peningkatan pemahaman konsep 73,46% (Baik). Dengan begitu solusi agar siswa dapat memahami konsep pembelajaran matematika materi satuan panjang menggunakan media pembelajaran Ayam MSP berbantuan aplikasi scratch dengan model discovery learning adalah tepat.
References
Halimah, N., Rodiyana, R., & Cahyaningsih, U. (2019). Pentingnya pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) dalam pemahaman konsep siswa Sekolah Dasar. Prosiding Unma, 577–584.
Herlina, A. A. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIBI (MINIATUR BUDAYA INDONESIA) TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SD N KEPATIHAN (Vol. 3, Issue 7).
Huzaeni, F., & Gunawan, I. (2022). JIIFKOM ( Jurnal Ilmiah Informatika & Komputer ) STTR Cepu Implementasi Metode SAW dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Menggunakan Scratch. 1(01), 30–34.
Khansa, S. L. I. P. Y. K. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI ARIAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 2(4), 259–272.
Lily & Marchamah. (2020). PERKEMBANGAN MATEMATIKA DALAM FILSAFAT dan Aliran Formalisme yang terkandung dalam filsafat matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11–14.
Lugina, M. G., & Artiani, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 34–48. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10451
Mariam, L., & Kelana, J. B. (2020). Upaya Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Sd Dengan Menggunakan Metode Hands on Activity. COLLASE (Creative of Learning …, 3(6), 335–341. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5167
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Mitra, Y., & Taufik, T. (2020). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (STUDI LITERATUR). E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8, 173–186.
Nikmah, & Ellianawati. (2019). Integration of Peer Instruction in the Guided Inquiry Learning Model : Practicing Science Literacy through Scratch. 5(2), 177–182.
Nisrina, Yeni Puspitasari, M. (2019). Laptop Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar. Proseding Seminar Nasional. Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembangan.
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 03, 171–187.
Pratiwi, A. P., & Bernard, M. (2021). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI SATUAN PANJANG DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA SCRATCH. 4(4), 891–898. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.891-898
Pratiwi, L. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PETA BUDAYA INDONESIA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. In Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi.
umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109
Widodo, B. J., & Hanifah, B. ‘arifatul. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI AKSARA JAWA UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR. Ilmiah Kontekstual, 1, 2.
Yuliana, N. (2018). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembeljaran, 2(April), 21–28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Yanuar Rafindo, Puspa Dianti, Laili Linda Hartati, Application of ICT-Based Problem Based Learning Method as a Learning Innovation for Pancasila Education to Improve Learning Outcomes of Class VII D Students of SMPN 51 Palembang , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Enur Nurmawati, Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Kurnia Akbar, Citadewi Aditya, Lathifah Rizki, Nelly Ade Karisma, Selvi Novitasari, Widya Sulistia, Yulianti Yulianti, Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Asih Martiasari, Jajang Bayu Kelana, Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
- Oky Prayogi, Ryan Dwi Puspita, Implementation of Constructivism-Based Game-Based Learning Model in Science Learning for Grade IV , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Siti Patimah, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas IV , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Monica Desy Deria, Duhita Savira Wardani, Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Kamilia Salsabila, Susanti Sufyadi, Agus Hadi Utama, Systematic Literature Review: The Utilization of the Edutainment Learning Model on Students’ Learning Motivation , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Izzah Millati, Agustina Tyas Asri Hardini, Improving the Cooperation Attitude of Grade V Students Through the Application of Problem-Based Learning Model in Pancasila Education Subjects , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Inthan Nenditha, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDP Al- Basyariah , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
You may also start an advanced similarity search for this article.