Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037Keywords:
berpikir kritis, project based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran project based learning. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan kelas IV SD Negeri 1 Kedungwuluh yang berjumlah 11 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi serta soal tes tertulis. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif deskrptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa selama dilakukan penelitian. Hal tersebut sejalan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis yang mengalami peningkatan pada siklus I 83% dan siklus II 93% setelah diterapkan pembelajaran Project Based Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
References
Abdul Gafur. (2003). Evaluasi Implementasi hasil penataran pembelajaran portofolio kewarganegaraan (civic) guru PPKn SLTP di Propinsi DIY. Hasil Penelitian tidak Dipublikasikan, UNY.
Asrori. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru.
Azizah, & Naniek. (2018). Konsep Belajar Menggunakan Model Project Based Learning. 36–51.
Cholisin. (Oktober 2003). PPKn Paradigma Baru dan Pengembangannya dalam KBK. Makalah Disampaikan pada Training of Trainer (ToT) Guru SLTP Mata Pelajaran PPKn, di Surakarta.
Darmayoga, I. W., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41–50.
Fahrezi, I. & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408
Fitri, H. & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201.
Mujiyono. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learnig sebagai upaya Meningkatkan Kemampuan berikir Kritis Siswa SDN 3 Makarti Jaya. 2, 156–159.
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD. Kalem Cendekia PGSD Kebumen, 9-15.
Pitarto, E. (2017). Membuat Poster Digital. Semarang: B-Book.
Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 89-96.
Putri, R. A., Frima, A., & Rosalina, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(2), 124-132.
Wulandari, M. A., Senen, A., Wardani, D. S., & Kelana, J. B. (2022). Local Wisdom-Based Movable Book as A Teaching Material to Enhance Nationalism in the 21st Century. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 57-68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Yanuar Rafindo, Puspa Dianti, Laili Linda Hartati, Application of ICT-Based Problem Based Learning Method as a Learning Innovation for Pancasila Education to Improve Learning Outcomes of Class VII D Students of SMPN 51 Palembang , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Oky Prayogi, Ryan Dwi Puspita, Implementation of Constructivism-Based Game-Based Learning Model in Science Learning for Grade IV , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Paulina Sri Fajar Br. Aritonang, Rika Amelia, Rizky Afianto, Salsabila Amalia, Aflich Yusnita Fitrianna, Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Nina Vania, Wahyu Hidayat, Trisna Nugraha, Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Luviani Sri Rezeki, Trisna Nugraha, Penggunaan Model Project Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Ayang Wike Sintia, Jajang Bayu Kelana, Anugrah Ramadhan Firdaus, Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STEM di Kelas VI Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Izzah Millati, Agustina Tyas Asri Hardini, Improving the Cooperation Attitude of Grade V Students Through the Application of Problem-Based Learning Model in Pancasila Education Subjects , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Enur Nurmawati, Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Kurnia Akbar, Citadewi Aditya, Lathifah Rizki, Nelly Ade Karisma, Selvi Novitasari, Widya Sulistia, Yulianti Yulianti, Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Kamilia Salsabila, Susanti Sufyadi, Agus Hadi Utama, Systematic Literature Review: The Utilization of the Edutainment Learning Model on Students’ Learning Motivation , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
You may also start an advanced similarity search for this article.