Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i2.25716Keywords:
berpikir kritis, problem based learning (pbl), penelitian tindakan kelasAbstract
Tujuan penelitian ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menguji penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta menggunakan sampel sebanyak 25 siswa di salah satu sekolah dasar kelas 5 kota Cimahi. Instrumen yang digunakan berupa tes, lembar observasi, dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis statistika dan deskripsi dengan validasi data dan pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan tindakan sebanyak 2 siklus. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat memecahkan persoalan melalui tes yang diberikan serta menunjukkan perilaku sebagai bentuk meningkatnya kemampuan berpikir kritis.
References
Amalia, N. F., Aini. L. N., Makmun, S. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1): 97-107, https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.587.
Batubara, D. R., Alifya, A., Harahap, T. H. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Berpikir Kritis Matematika Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi. Jurnal Mathematics Education Sigma, 3(1): 21-25.
Burhanuddin, T. R. (2010). Pendekatan, Metode, dan Teknik Penelitian Pendidikan. Purwakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Costa, A. L., Presseisen, B. Z. (1985). Glossary of Thinking Skill, in A.L. Costa (ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. ASCD.
Firdaus, F. Z., Suryanti., Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3): 681-689, https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417.
Halimah, S., Usman, H., Maryam, S. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) di Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(6): 403-413, https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.207.
Jurnal Basicedu, 7(1): 224-230, https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4278. Rahmawati, H., Pujiastuti, P. (2023). Kategorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar Di SD Se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1): 88-104, https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338.
Kartikasari, I., Nugroho, A., Muslim, A. H. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1): 44-56, https://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.10124.
Kasbolah, K. (1999). Penelitian tindakan kelas (PTK). Malang: Depdikbud.
Maqbullah, S., Sumiati, T., Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Porlem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Metodik Didaktik, 13(2): 106-112.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nofziarni, A., Hadiyanto., Fitria, Y., Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4): 2016-2024, https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244.
Pinedo, A., Vossoughi, N., Lewis, N. A. (2021). Critical Pedagogy and Childrens’s Beneficial Development. Policy Insights form the Behavioral and Brain Sciences, 8(2): 183-191.
Rahmadana, J., Khawani, A., Roza, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar.
Rusli, F., Ambarwati, L., Hakim, L. E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Meminimalkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Teorema, 8(1), 11-18, http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8250.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1): 92-98, https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.602.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sulistianah, L., Taufik, M., Nurhasanah, A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2): 373-385, https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6801.
Wardhani, I. G. A. K. (2007). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Jakarta: Erlangga.
Yampap, U., Bay, H. R. (2020). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 3(1): 57-64, https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3201
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Riska Agni Rahayu, Ruli Setiyadi, Evi Susanti, Pengembangan Bahan Ajar Materi Laporan Wawancara dengan Menggunakan Pendekatan Open Ended Berbantuan Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Menulis Kelas IV SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Zulfa Kulsum, Lilis Masitoh, Analisis Minat Belajar Kelas IX-A SMP Negeri 8 Cimahi pada Materi Perpangkatan Mata Pelajaran Matematika dengan Berbantuan Media Ular Tangga , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Lia Cristilia, Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas V SD Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Gambar (Flash Card) , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
- Riski Amanda Putri, Aren Frima, Elya Rosalina, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Indira Salshanabila Putri, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Tata Surya Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Aplikasi Solar System Scope Dan Book Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Kelas VI Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Nona Sundari, Camellia Camellia, Maimun Maimun, Improving Student Learning Outcomes Through the Teaching at the Right Level (TaRL) Approach in the Pancasila Education Subject at SMA Negeri 1 Palembang , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Evie Kareviati, Perspektif Guru Pamong Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Pada Sekolah Menengah Pertama Di Cimahi , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Vinka Riantini Rukman, Asep Samsudin, Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Iksan Saputra, Elya Rosalina, Asep Sukenda Egok, Pengembangan Media Roda Berputar (Rotar) Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 2 Trikarya , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Muh Ganjar Lugina, Yuni Artiani, Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
You may also start an advanced similarity search for this article.