STIMULASI KECERDASAN LINGUISTIK ANAK KELOMPOK B MELALUI MEDIA AUDIO INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Titin Hijarani Taman Kanak-kanak (TK) ARMIA , Kab. Barat Bandung, Provinsi Jawa Barat
  • Lenny Nuraeni Program Studi Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Online Learning, Linguistic Intelligence, Interactive Audio Media

Abstract

Virus corona saat ini hampir di seluruh tanah air, salah satunya adalah negara Indonesia, oleh karena itu kegiatan belajar mengajar juga mengalami banyak kendala namun pemerintah tidak tinggal diam mereka melakukan banyak cara agar semua siswa termasuk anak usia dini mendapatkan pelajaran seperti biasa, karena pelajaran tidak bisa dilakukan secara langsung atau tatap muka kemudian pembelajaran dilakukan secara online. Anak usia dini memiliki banyak kecerdasan, salah satunya adalah kecerdasan linguistik. Dalam kecerdasan linguistik ini kita dapat berkembang dengan berbagai cara, salah satunya dengan merangsang anak menggunakan media audio interaktif (video), dengan metode seperti menggunakan video kita bisa langsung menilai kemampuan anak. Subjek penelitian ini adalah anak-anak golongan B dengan total 6 anak, metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh para peneliti, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta di mana analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus pada setiap tahap penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan stimulasi kecerdasan linguistik melalui media audio interaktif pada pembelajaran daring. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan selama delapan pertemuan menggunakan metode audio interaktif dapat meningkatkan kecerdasan linguistik anak.

The coronavirus is currently almost all over the country, one of which is the country of Indonesia, therefore teaching and learning activities also experience many obstacles but the government does not stay silent they do many ways so that all students including early childhood get lessons as usual because lessons cannot be done directly or face-to-face then learning is done online. Early childhood has a lot of intelligence, one of which is linguistic intelligence. In this linguistic intelligence we can develop in various ways, one of which is by stimulating children using interactive audio media (video), with methods such as using video we can directly assess the ability of the child. The subjects of this study were group B children with a total of six children, this research method uses qualitative descriptive methods with data collection techniques used by researchers, namely observation, interview, and documentation. As well as where data analysis is done interactively and takes place continuously at each stage of research. The purpose of the study is to stimulate a child's linguistic intelligence through interactive audio media. Based on the results of analysis that has been done during 8 meetings using interactive audio methods can improve children's linguistic intelligence.

References

Alfatihaturrohmah, A., Mayangsari, D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 101-109. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4885

Amelia, M. N., & Nuraeni, L. (2021). Penerapan Metode Proyek Berbasis Steam Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(2), 151-159. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal paedagogy, 7(4), 281-288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1-5. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p1-5

Halarnkar, Kulkarni. (2013). Media Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Moda Pembelajaran Jarak Jauh: Daring dan Luring. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini.

Jamaris, M. (2017). Pengukuran Kecerdasan Jamak. Bogor: Ghalia Indonesia.

Martuti, A. (2008). Mengelola PAUD Dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. Bantul: Kreasi Wacana.

Nooraeni, R. (2017). Implementasi program parenting dalam menumbuhkan perilaku pengasuhan positif orang tua di PAUD tulip tarogong kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2). 31-41. https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/8750

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29. 10.31004/obsesi.v4i1.204

Nuraeni, L. (2015). Pemerolehan morfologi (verba) pada anak usia 3, 4 dan 5 tahun (suatu kajian neuro psikolinguistik). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 13-30. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p13-30.89

Oktavia, A., & Nuraeni, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal untuk Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Audiovisual. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 1-7. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/6063

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI

Riyana. (2013). Media Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Moda Pembelajaran Jarak Jauh: Daring dan Luring. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini.

Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui model pembelajaran audio visual berbasis android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92-98. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3490

Situmorang. (2006). Pendidikan Jarak Jauh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. ALFABETA.

Sukardi, (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9-18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02

Tjoe, J. L. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17-48. https://media.neliti.com/media/publications/118623-ID-peningkatan-kemampuan-membaca-permulaan.pdf

Wasilah, G. (2017). Upaya Mengembangkan kemampuan Bahasa dalam Mengulang Kalimat Sederhana Melalui Model Talking Stick pada Anak Kelompok A PAUD Terpadu Darunnajah Martapura Kabupaten Banjar. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 2(1), 36-55.

Published

2023-08-27