Media Smart Board: Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

Authors

  • Cucu Mulyani KOBER Mekar Arum, Jl. Maleber, Barat Kota Bandung
  • Sharina Munggaraning Westhisi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. https://orcid.org/0000-0002-8827-9282
  • Regita Musfita Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Numeracy Skills, Smart Board Media, Early Childhood

Abstract

Latar belakang penelitian ini disebabkan masih adanya kapasitas anak dalam berhitung belum berkembang. Untuk itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui media pembelajaran yang menarik yaitu dengan  media smart board. Adapun penelitian ini bertujuan  untuk peningkatkan kemampuan berhitung kelompok B di KOBER Mekar Arum dengan menggunakan media smart board. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 12 anak, delapan laki-laki dan empat perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian di lapangan menunjukan adanya peningkatan kemampuan berhitung, pada awalnya masih ada  anak yang belum berkembang. Kemudian setelah dilakukan penelitian pada tahap pertama 6 anak yang belum berkembang dan 6 anak mulai berkembang dan sampai pada tahap terakhir kemampuan anak berkembang sangat baik. Dengan demikian penggunaan media smart board dapat meningkatkan kemampuan berhitung kelompok B di KOBER Mekar Arum.

The background of this research is because the children's capacity to count has not yet developed. For this reason, it is necessary to make efforts to improve numeracy skills through interesting learning media, namely smart boards. This research aims to increase the numeracy ability of group B in KOBER Mekar Arum by using smart board media. The research method used is descriptive-qualitative, with research subjects of as many as 12 children, eight boys, and four girls. The data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation. Data analysis is used in the form of data reduction, displaying data, and drawing conclusions. Based on research in the field, there was an increase in numeracy skills, but at first, there were still children who had not developed them. Then, after doing research, in the first stage, six children have not developed, six children begin to develop, and until the last stage, there is the ability of children to develop very well. Thus, the use of smart board media can improve group B's numeracy skills at KOBER Mekar Arum.

References

Mirantika, V., Syafri, F., & Surahman, B. (2020). Permainan papinka untuk meningkat-kan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Al Fitrah: Journal Of Early Child-hood Islamic Education, 3(2), 181-194.

Mursida, A. Pengembangan media pembelajaran berbahan tutup botol bekas dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5–6 tahun di RA Al-Hafizh H. Ali Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/11114/

Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis pembelajaran berhitung me-lalui media prisma pintar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 230-236. 10.31004/obsesi.v4i1.311

Nisa, A., Oktavianti, Y. M., & Sumitra, A. (2019). Meningkatkan kecerdasan logis ma-tematis pada kelompok b anak usia dini melalui media pembelajaran dadu angka pada kelompok B. Jurnal Ceria, 2(6), 347-353.Rukin (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/3386

Sholihah, A. M., & Fatimah, S. (2020). Penerapan media tutup botol bekas untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswadi ra muslimat nu 007 gandu i mlarak po-norogo. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 1(1), 19-36. https://doi.org/10.37680/almikraj.v1i1.544

Siagian, N., Rohaeti, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Penerapan media pembelajaran jepitan dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini. CERIA (Cer-das Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 202-209. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p202-209

Sriningsih, N. ( 2018). Pembelajaran matematika terpadu untuk anak usia dini. Ban-dung: Pustaka Sebelas

Tasliyah, L., Nurhayati, S., & Nurunnisa, R. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika anak usia dini melalui ape kids ‘n kit. Jurnal CERIA (Cerda Energik Re-sponsif Inovatif Adaptif), 3(4), 307-314. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p

Published

2024-05-27