MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA ANIMASI DI TK BUDI NURANI CIMAHI

Authors

  • Siti Nurjanah IKIP Siliwangi
  • Endah Nurrohmah IKIP Siliwangi
  • Ifat Fatimah Zahro

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p393-398

Keywords:

Early Literacy, Animation Media, Early Childhood.

Abstract

Early literacy abilities of early childhood include cognitive abilities and language skills. The focus of this research is reading. In order to achieve this, appropriate and attractive media are needed for children, so that children can master early literacy in accordance with the stages of their developmental age. One of the media that can be used is animation, where a series of moving pictures or paintings will appear. This study aims to describe the learning plan regarding initial literacy with animation media, to illustrate the process of implementing learning about initial literacy, to find out the results that will be obtained in this learning. This research was conducted using the Classroom Action Research method, which is a study by carrying out certain actions where by using it can improve and enhance the initial literacy skills in AUD. Data collection techniques are by observation, interview and documentation. The target of this study is 12 children aged 4-5 years. This research was conducted using 2 cycles. The results of the first cycle of the average student developed according to expectations amounted to 42.5%, and from the second cycle the average student had developed according to expectations of 58%. The conclusion that can be drawn is that early literacy skills can be improved by the use of animation media in group A.

Kemampuan keaksaraan awal anak usia dini mencakup pada kemampuan kognitif dan kemampuan bahasa. Fokus penelitian ini adalah kegiatan membaca. Demi tercapainya hal tersebut, diperlukan media yang sesuai dan menarik bagi anak, agar anak dapat menguasai keaksaraan awal sesuai dengan tahapan usia perkembangannya. Media yang dapat dipergunakan salah satunya adalah melalui media animasi, dimana dengan media tersebut akan muncul rangkaian gambar atau lukisan yang bergerak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pembelajaran mengenai keaksaraan awal dengan media animasi, untuk menggambarkan proses pelaksanaan pembelajaran mengenai keaksaraan awal, untuk mengetahui hasil yang akan didapatkan dalam pembelajaran ini. Penelitian ini dilakukan dengan mempergunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yaitu penelitian dengan melakukan suatu tindakan tertentu dimana dengan hasilnya dapat memperbaiki dan meningkatkan kemampuan keaksaraan awal pada AUD. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sasaran penelitian ini berjumlah 12 anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Hasil dari siklus I rata-rata siswa berkembang sesuai harapan sejumlah 42,5%, dan dari siklus II  rata-rata siswa sudah berkembang sesuai harapan 58%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa kemampuan keaksaraan awal dapat ditingkatkan dengan penggunaan media animasi di kelompok A.

Author Biography

Ifat Fatimah Zahro

IKIP Siliwangi

References

Ahmad, S. (2012) Perkembangan Anak Usia Dini pengantar dalam berbagai asfeknya, Jakarta: Kencana

Azhar, A. (2017). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cathy, N., & Peter, C. (2015), Pendidikan Anak Usia Dini Sejarah, Filosofi, dan Pengalaman. Yogyakarta: Pusaka Belajar.

Hendriana, H. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru, Bandung: Refika Aditama.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud), Nomor 146 Tahun 2019 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Suyadi., & Maulidya, U. (2013) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Additional Files

Published

2019-10-18