Efektifitas penerapan model pembelajaran index card match pada materi pecahan kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Risma Asfi Nuraeni Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Karlimah Karlimah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.12555

Keywords:

Efektifitas, Model Pembelajaran, Index Card Match.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Index Card Match, Lebih khusus untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam menghitung pecahan menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen sehingga proses pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang berupa pre-test dan post-test untuk kemudian dianalisis jawaban peserta didik terhadap pemahaman dan pengetahuannya berkenaan dengan materi pecahan di kelas IV sehingga diketahui hasil dari uji coba model pembelajaran Index Card Match.. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV  SDN 2 Suka Laksana. Data jawaban pre-test dan post-test yang diperoleh dianalis menggunakan winstep dengan pemodelan rasch untuk memperoleh infomasi mengenai tingkat efektifitas implementasi model pembelajaran Index Card Match pada materi pecahan. Informasi yang dianalisis meliputi secara menyeluruh dari setiap item pertanyaan berdasarkan jawaban peserta didik, serta analisis dari setiap peserta didik berdasarkan jawaban semua item pertanyaan dalam test. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa tingkat jawaban benar peserta didik terhadap item berada pada logit lebih dari 1,00, selain itu selisih skor yang diperoleh kelompok eksperimen menunjukan angka 32,50 dibanding dengan kelompok kontrol yang hanya meningkat 11,60 itu berarti bahwa implementasi model pembelajaran Index Card Match telah efektif untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam menguasai materi pecahan dan menjawab soal berkaitan dengan pecahan di kelas IV Sekolah Dasar.

Author Biographies

Risma Asfi Nuraeni, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Mahasiswa Semester 8 Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Karlimah Karlimah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Dosen dan guru besar UPI Tasikmalaya pada bidang Matematika di SD

References

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. PT. Rineka Cipta.

Azkiyah, S. (2013). Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Pecahan Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Untuk Sd/Mi.

Benny, T. (2006). Comparing Fractions (The Roll Out Fractions Game) (Issue August, pp. 56–62). Enrique Ortiz.

Bonner, C. H. (2001). Helping your child adjust. 113–132, xi, 482.

Chusna, F. A. (2016). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pangenrejo Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo (Issue September).

Creswelll, C. W. J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). SAGE Publication, Inc.

Dean, P. G. (2019). Teaching and learning mathematics. Teaching and Learning Mathematics, March, 1–257. https://doi.org/10.4324/9781315788753

Dwiyanti, E. (2020). Index Card Match Learning Strategy for Elementary School Students. 3(3), 9–25.

Faizah, U. (2017). Pemanfaatan Asesmen Otentik untuk Menilai Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Alquran pada Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini di TK/RA. The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 257–272.

Frank K. Lester Jr. (2007). Second Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. Age Publishing Inc. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=B_onDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&ots=kCfIo5ypKO&sig=5EoEjm51uNOUMyPcUwpjup59UzY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Haryati, L. F., & Retnawati, H. (2016). Keterlaksanaan penilaian berdasarkan KTSP pelajaran matematika kelas X. Jurnal Matematics Paedagogic, I(1).

Jonassen, D. H. (2016). Handbook of Research on Educational Communications and Technology (2nd ed., Vol. 15, Issue 2). Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Katz, D., Clairmont, A., & Wilton, M. (2021). Measuring what Matters : Introduction to Rasch Analysis in R. In Measuring what Matters Rasch Model. Kahts Publisher.

Laliyo, L. A. R. (2021). Penerapan Teknik Analisis Stacking dan Racking Rasch Model (2nd ed.). Deepublish Publisher.

Medvedev, O. N., Turner-Stokes, L., Ashford, S., & Siegert, R. J. (2018). Rasch analysis of the UK functional assessment measure in patients with complex disability after stroke. Journal of Rehabilitation Medicine, 50(5), 420–428. https://doi.org/10.2340/16501977-2324

Nuraeni, Z., & Rosyid, A. (2019). Implementation of Index Card Match Learning Model with Problem Posing Approach Assisted by MATLAB Software to Improve Students’ Problem Solving Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 18–25. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012074

Rijati, N. (2008). Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Matematika Diskrit Dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Berbasis TIK. Techno. Com, 53–60. http://lppm.dinus.ac.id/dokumen/majalah/Peningkatan_Efektifitas_Pembelajaran_Matematika_Diskrit_dengan_Metode_Kooperatif_Tipe_STAD_Berbasis_TIK.pdf

Ross, J. A., McDougall, D., & Hogaboam-Gray, A. (2002). Research on reform in mathematics education, 1993-2000. Alberta Journal of Educational Research, 48(2), 122–138.

Rusdi, A. I., Wibowo, E. W., & Mastoah, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Buku Matrik (Strimin) Dalam Test Objektif Keterampilan Menulis Siswa (Quasi Eksperimen di SDN Manis Jaya). Jurnal Kependidikan Dasar, 7(2), 89–104.

Sitanggang, N. D. H. (2015). Perbandingan Efektifitas Metode Resource Based Learning dengan Metode Diskusi pada Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 174–180. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.152

Stylianides, J., A., & J, G. (2007). Learning Mathematics with Understanding: A Critical Consideration of the Learning Principle in the Principles and Standards for School Mathematics. The Mathematics Enthusiast, 4(1), 103–114. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1063

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D) (27th ed.). Alfabeta.

Suminah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Strategi Mastery Learning Di Mi Ma’arif NU Teluk Purwokerto. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 18–26.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial (B. Trim (ed.); 1st ed.). Trim Komunikata Publishing House.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan (Cetakan I). Trim Komunikata.

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles