Penggunaan model RASCH untuk soal perkalian bilangan cacah Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ika Fitri Apriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ginna Islamiati SD Laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya
  • Irni Rachmawati Putri UPI
  • Lilis Susilawati UPI
  • Muhammad Rijal Wahid Muharram UPI
  • Epon Nur'aeni UPI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.14018

Keywords:

pembelajaran matematika, konsep perkalian, bilangan cacah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan operasi hitung siswa pada konsep perkalian bilangan cacah dengan menggunakan pemodelan RASCH. Melalui pemodelan RASCH ini dapat memberikan gambaran kepada guru tentang kemampuan siswa dalam menjawab soal. Dengan menggunakan model RASCH dapat mengetahui siswa yang menjawab soal dengan cara teknik menebak jawaban. Jika siswa yang memiliki kemampuan kompetensi rendah tetapi tebakannya benar pada soal pilihan ganda ini dapat menyulitkan guru dalam mengukur kemampuan siswa dalam operasi hitung perkalian bilangan cacah. Dengan menggunakan RASCH model ini guru dapat meninjau kembali jawaban siswa sehingga penggunaan model RASCH ini dapat memberikan gambaran kemampuan siswa dengan tepat.  Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Subjek pada penelitian ini yakni 24 siswa kelas II SD di salah satu SD swasta di Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni melalui instrumen lembar tes berisikan soal yang berkaitan dengan materi konsep perkalian bilangan cacah. Hasil data yang diperoleh ditabulasikan melalui pemodelan RASCH mencakup (a) analisis peta WRIGHT (b) analisis kesesuaian butir soal (c) analisis abilitas siswa (d) analisis scalogram dan (e) analisis reliabilitas. Sistem penilaian menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya terdapat sebagian siswa masih mengalami miskonsepsi terhadap konsep perkalian bilangan cacah. Indikasi ini terlihat dari tingkat respon siswa terhadap soal kurang ideal. Hal ini menandakan bahwasannya masih banyaknya miskonsepsi siswa terhadap materi konsep perkalian bilangan cacah pada pembelajaran matematika.

Kata Kunci: pembelajaran matematika, konsep perkalian, bilangan cacah.

References

Apipatunnisa, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2022). Eksplorasi Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dengan Pemodelan RASCH. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 4(1), 668–680. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/11511

Azizah, A., & Wahyuningsih, S. (2020). PENGGUNAAN MODEL RASCH UNTUK ANALISIS INSTRUMEN TES PADA MATA KULIAH MATEMATIKA AKTUARIA. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 3(1), 45-50. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp45-50

Magdalena, Hadana Nur Fauzi, & Raafiza Putri. (2020). PENTINGNYA EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN DAN AKIBAT MEMANIPULASINYA. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 2, Agustus 2020; 244-257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/986/680/

Musial, D., Nieminen, G., Thomas, J. dan Burke, K. (2009). Foundation of Meaningful Education Assessment. Boston: McGraw-Hill Higher Education.

Nurafni, S. F. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 829-840

Solichin, M. (2017). Analisis daya beda soal, taraf kesukaran, validitas butir tes, interpretasi hasil tes dan validitas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), 192-213.

Sumintono, B. (2015, November). Pemodelan rasch pada Asesmen Pendidikan : Suatu pengantar. 1–14. Makalah dipresentasikan dalam Konferensi Guru dan Dosen Nasional (KGDN) 2015 di Aula Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Sumintono, B., Wahyu Widhiarso. (2015). Aplikasi Pemodelan RASCH pada Assesment Pendidikan. Bandung†Trim Komunikata.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: CV Alfabeta.

Tyas, E. H., Hamdu, G., & Pranata, O. H. (2020). Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Menggunakan Pemodelan RASCH untuk Mengukur Kemampuan Siswa dalam Mengurutkan Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1 12.

Widhiarso, B. S. (2013). Aplikasi Model RASCH untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial . Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.

Widhiarso, B. S. (2015). Aplikasi Pemodelan RASCH Pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles