PEMBELAJARAN BERPIDATO PADA SISWA KELAS VI DENGAN MENERAPKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING)

Authors

  • Erni Erni Sarinurdiantini

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.4726

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengenal hasil pembelajaran berpidato pada siswa kelas VI SDN Ciampel, serta untuk mengembangan keterampilan berdialog siswa. Proses pembelajaran di SDN Ciampel memiliki permasalahan dalam keterampilan berbicara. Pengembangan ketertarikan belajar siswa ialah salah satu tekhnik dalam meningkatkan motivasi belajar. Metode untuk memotivasi siswa dalam pelajaran yakni menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Dengan tujuan untuk mengenal peningkatan keterampilan berdialog siswa dengan metode bermain peran dalam pembelajaran berpidato terhadap siswa kelas VI di sekolah Dasar. Tekhnik data yang diaplikasikan yaitu lembar observasi, angket, dan dokumentasi kegiatan proses pembelajaran berpidato. Tekhnik analisa data menerapkan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran berpidato sangat baik. Peneliti menyimpulkan metode bermain peran sangat efektif untuk pembelajaran berpidato siswa kelas VI.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles