Analisis Hasil Akreditasi Terhadap Sekolah Luar Biasa

Authors

  • Yusman Septiana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Ahmad Mulyadiprana Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Resa Respati Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8029

Abstract

Akreditasi di pandang sebagai cerminan mutu pendidikan suatu sekolah, semakin tinggi akreditasi sekolah yang dimiliki semakin baik pula pendidikan yang dimiliki oleh sekolah tersebut . Dengan adanya akreditasi yang tinggi dapat menumbuhkan kesan yang baik dimata masyarakat khususnya bagi orang tua yang akan menyekolahkan anak anaknya , selain itu akreditasi yang tinggi dapat memberikan manfaat bagi sekolah tersebut. Salah satu manfaat yang paling penting yaitu pada tenaga pendidik atau guru yang mengajar serta fasilitas atau saran dan prasarana di sekolah dengan akreditasi yang tinggi. Standar isi dan standar proses yang dimiliki oleh guru tentunya harus baik serta sarana dan pra sarana yang dimiliki harus mendukung kegiatan pembelajaran ini,hal tersebut tentu harus dipenuhi oleh sekolah,ini di karenakan kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap akreditasi sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat sejauh mana pengaruh dari hasil akreditasi terhadap sekolah luar biasa dengan melihat standar isi dan standar proses yang dimiliki oleh sekolah tersebut selain itu pengecekan sarana dan pra sarana yang dimiliki oleh sekolah juga menjadi tujuan dari penelitian ini, hal ini dikarenakan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah luar biasa tersebut harus sesuai dengan ketentun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan study kasus sebagai rancangannya

Author Biography

Yusman Septiana, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Mahasiswa UPI Tasikmalaya

References

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Setyaningsih, C. D. (2017). Status Akreditasi Dan Kualitas Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 138–145. https://doi.org/10.17977/um025v1i22017p138

Sholihin, E. N. C., Bafadal, I., & Sunandar, A. (2018). Pengelolaan Persiapan Akreditasi Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 171–178. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p171

Suryana, A. (2005). Akreditasi, Sertifikasi Dan Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 3(2), 1–14.

SUARDIKA, P., Marhaeni, M., & Koyan, M. (2014). Analisis Kesiapan Pemenuhan Aspek-Aspek Akreditasi Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Gerokgak. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4(1), 122726.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). Retrieved from http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a

Malik, A. (2014). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). Jurnal Interaksi, 3(2), 168–173.

Asopwan, D. (2018). Studi Tentang Akreditasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 2(2), 265–271.

Rukiyah, I. (2016). Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Melalui Akreditasi Satuan Pendidikan. Ittihad, 14(25), 46–60. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i25.863

Setyaningsih, C. D. (2017). Status Akreditasi Dan Kualitas Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 138–145. https://doi.org/10.17977/um025v1i22017p138

Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sholihin, E. N. C., Bafadal, I., & Sunandar, A. (2018). Pengelolaan Persiapan Akreditasi Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 171–178. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p171

Zulfa, E. R., Noor, I., Suparno,, H., Publik, J. A., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2015). bagi Anak Berkebutuhan Khusus ( Studi Kasus di SDLBN Kedungkandang Malang ). JAP (Jurnal Administrasi Publik), 2(3), 388–393.

Asmani (2011). Pentingnya Akreditasi Rs Sebagai Jaminan Mutu Pelayanan Dan Keselamatan Di Rs.

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Sallis , E. 2010 . Total Quality Management In Education London. Kogan Page . Ltd.

Afrizal . (2017). Metode penelitian Kualitatif. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Lexy, Moleong. (2012).Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung . PT. Remaja Rosdakarya

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Jualitatif dan RND. Bandung: alfabeta.

Sugiono. (2011). Metode penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Additional Files

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles