Development of Discovery Learning Assisted by Cabri Express Teaching Materials to Improve Students' Communication Ability and Mathematical Disposition
(1) SMAN 1 Pangalengan, Kab. Bandung, Indonesia
(2) IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
(3) IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. W., Achmad, N., & Fahrudin, N. C. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(2), 36–41. https://doi.org/10.34312/euler.v8i2.10324
Afdila, N. F., Roza, Y., & Maimunnah. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. LEMMA : Letters of Mathematics Education, 5(1), 65–72. https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3383
Aprilianti, Sripatmi, Salsabila, N. H., & Kurniati, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 24 Mataram pada Materi Persamaan Garis Lurus Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1593–1599. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.820
Batubara, N. A. (2018). Pengaruh Software Cabri 3D V2 Plus dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMA. JPT : Jurnal Pendidikan Tambusa, 2(4), 882–889. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.37
Bernard, M., & Rohaeti, E. E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Game Adobe Flash Cs 4.0 (Ctl-Gaf). Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 85–94. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i1.208
Cahyani, N., Muksar, M., & Rahardi, R. (2021). Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa Pembelajaran Daring dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(7), 1091–1098. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i7.14930
Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 7(2), 267–279. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.2898
Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Ditinjau dari Motivasi Belajar. Edupedia, 5(2), 145–154. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia/article/view/555/415
Dina, Z. H., Ikhsan, M., & Hajidin, H. (2019). The Improvement of Communication and Mathematical Disposition Abilities through Discovery Learning Model in Junior High School. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i1.6824
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Gumilar, A. C. (2022). Disposisi Matematis dan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended dengan Setting Kooperatif. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 4(2), 31–48. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/391
Hasina, A. N., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 576–582. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.p%25p
Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik serta Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 35–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v2i1.97
Hidayat, T. (2019). Analisis Kesalahan Konsep dan Kesalahan Prosedur dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 105–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/equation.v2i2.2315
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Ilmi, A. R., Nur, M., & Suryanti. (2018). Desain Riset Prototipe Buku Guru dan Buku Siswa Berbasis Pembelajaran Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(1), 626–637. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n1.p626-637
Imayati. (2018). Peranan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis dan Disposisi Matematis. Jurnal Mathematic Paedagogic, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.267
Jamiah, Y. (2018). Disposisi Matematis dan Pembelajaran Matematika Humanis bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 12. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26768
Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(2), 99–108. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.97
Lamonta, P. A., Tandiayuk, M. B., & Puluhulawa, I. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu dalam Memahami Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 03(04), 464–477. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/301
Lestari, I., & Andinny, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1179
Lestari, W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 64–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v2i1.1724
Ma’rifah, C., Sa’dijah, C., Subanji, S., & Nusantara, T. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 43–56. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1991
Maemanah, A., & Winarso, W. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika terhadap Disposisi Matematis Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 4(1), 48–57. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.48-57
Maharani, A. F., & Prihatnani, E. (2019). Newman’s Error Analysis dalam Geometri Ruang Ditinjau dari Kecerdasan Visual Siswa SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 447–461. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.127
Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siwa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p993-1004
Ningrum, R. W., & Budiarto, M. T. (2016). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat dan Alternatif Mengatasinya. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 59–66. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n1.p%25p
Noviana, F., Mulqiyono, S., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kabupaten Bandung. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 583–590. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p583-590
Nugrawati, U., Nuryakin, & Afrilianto. (2018). Analisis Kesulitan Belajar pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs dengan Materi Segitiga dan Segiempat. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 63–68. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2543
Nurainah, Maryanasari, R., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kesulitan Kemampuan Koneksi Matematis Siwa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 61–68. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p61-68
Nurfajriyanti, I., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594–2603. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.797
Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP terhadap Soal-soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1113–1120. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1113-1120
Purnama, Y., Setianingrum, S. D., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa SMP. Journal On Education, 01(03), 191–202. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.137
Putra, G. V. H., Maya, R., Purwasih, R., Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMA dan SMK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Spasial Siswa. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1787–1796. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1787-1796
Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematik Siswa SMP Melalui Discovery. (Edusentris) Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 241–252. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i3.177
Rahman, T. (2017). Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing. Pythagoras, 6(1), 61–66. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V6I1.618
Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal On Education, 1(2), 344–352. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.74
Rismayantini, Nurajizah, S., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Geometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 191–194. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/519
Rosita, C. D. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Ditingkatkan pada Mahasiswa. Euclid, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.33603/e.v1i1.342
Rosmawati, L., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada materi Bangun Datar Siswa SMP Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 785–792. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p785-792
Ruhiyat, A., & Sugandi, A. I. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Kontekstual. Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(3), 281–289. https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i3.238
Rumasoreng, M. I., & Sugiman, S. (2014). Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Soal Setara UN di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2661
Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutam, F. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/18465
Sari, J., & Sutirna. (2021). Analisis Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Karawang Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 266–272. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/624
Sugandi, A. I. (2016). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Perspektif Pendidikan, 10(1), 70–83. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/400
Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1), 16–23. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364
Sugandi, A. I., Sofyan, D., & Maesaroh, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Deduktif Induktif Berbantuan Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 149–159. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.149-160
Suhanis, H. (2020). Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Metode Discovery di Kelas V SDN Madura 05. Insan Cendekia – Jurnal Pendidikan, 1(1), 29–39. https://doi.org/https://doi.org/10.54012/jurnalinsancendekia.v1i1.16
Sumarno, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17–33. https://doi.org/https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.36048
Supriadi, N., & Damayanti, R. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Lamban Belajar dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.21
Supriyati, R., Supriyono, & Kurniasih, N. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficcy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 45–55. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i1.1125
Sutrisna, N., Pramuditya, S. A., Raharjo, J. F., & Setiyani, S. (2021). Kemampuan Abstraksi Reflektif Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang. Journal of Didactic Mathematics, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.598
Viki, V. F., & Handayani, I. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 189–202. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.906
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jiml.v6i1.15316
Article Metrics
Abstract view : 244 timesPDF - 122 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.