ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII MENGGUNAKAN MEDIA VBA FOR EXCEL PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10229Keywords:
Learning Motivation, VBA for Excel, Social ArithmeticAbstract
References
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Beka, Y. A., Wewe, M., & Rawa, N. R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Modul Setting Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Aritmatika Sosial. 1(4), 654–662.
Bernard, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Matematik Melalui Pendekatan Problem Posing Berbantuan Visual Basic Application for Excel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 69–78. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p69-78
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317
Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Developing the Students’ Ability in Understanding Mathematics and Self-confidence with VBA for Excel. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 45–56. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i1.6349
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis motivasi belajar matematika siswa SMA bingkai cendekia cililin berbantuan aplikasi geogebra pada materi transformasi geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(1), 49–58. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58
Fauzan, G. A., & Aripin, U. (2019). Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa VIII B SMP Bina Harapan Bangsa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 17–24.
Kurnia, L., & Yuspriyati, D. N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Matematics Paedagogic, IV(2), 116–125.
Kurniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 02(02), 225–232. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10022
Mali, Y. K. M., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. 6(2), 65–72. https://doi.org.
Novianti, V., Sa’adah, N., & Chotimah, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis VBA for Excel terhadap Motivasi Siswa SD pada Materi Bangun Datar. Journal On Education, 02(01), 110–116.
Nurhayati, A. S., & Aripin, U. (2020). Students Thinking Process in Solving the Problems of Social Arithmetic Stories Test Based on Gender. MaPan, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.24252/mapan.2020v8n1a8
Oktaviani, R., & Dewi, D. P. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMPN 8 Cimahi Menggunakan Media Visual Basic for Application Berbasis Microsoft Excel pada Materi Pecahan. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 133–140. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/9433/5095
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162