ANALISIS KESALAHAN SISWA DENGAN METODE NEWMAN DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10292Keywords:
Error Analysis, Newman’s Method, SPLTVAbstract
References
Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 17. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157–166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166
Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Prosedur Newman [an Analysis of Primary Teacher Education Students Solving Problems in Statistics for Educational Research Using the Newman Procedure. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 83–96. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1203
Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan prosedur Newman (Analysis of Student Errors in Resolving the Problem of Social Aritmatic Stories Based on Newman Procedures). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 35–44.
Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA Untuk Siswa Indonesia. Janacitta, 1(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.13
Imelda, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2014). Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung campuran Bilangan Bulat di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2), 1–13.
Kristianto, E., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2019). Analysis of Students’ Error in Proving Convergent Sequence using Newman Error Analysis Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 1180(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1180/1/012001
Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots Berdasar Teori Newman. Unsida Journal of Mathematics and Computer Science, 4(2), 49–56.
Mursalin, Fauzi, & Israwati. (2017). Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Pemecahan Masalah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 38–44.
Murtiyasa, B., & Perwita, W. R. G. (2020). Analysis of Mathematics Literation Ability of Students in Completing PISA-Oriented Mathematics Problems with Changes and Relationships Content. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3160–3172. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080745
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.
Peranginangin, S. A., Saragih, S., & Siagian, P. (2019). Development of Learning Materials through PBL with Karo Culture Context to Improve Students’ Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 265–274. https://doi.org/10.29333/iejme/5713
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.
Senita, A., & Kartini. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Kelas XI MIPA SMAN 1 Gunung Toar Berdasarkan Teori Newman. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 197–204. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.900
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Bandung: CV Alfabeta.
Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Terapan Sains & Teknologi (RAINSTEK), 1(2), 41–45. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175
Ulifa, S. N., & Effendy, D. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 123–133.
Wahidah, Y. N., Inganah, S., & Ismail, A. D. (2017). the Analysis of Mathematical Problems Using Newman Stages Reviewed From Emotional Intelligence. Mathematics Education Journal, 1(2), 56. https://doi.org/10.22219/mej.v1i2.4630
Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: An analysis of students’ errors. Mathematics Enthusiast, 11(3), 555–584.