PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI POLA BILANGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA MTs KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.10297Keywords:
Teaching Materials, Scientific, ICT, Concept UnderstandingAbstract
References
D. Ardaya Ahmad (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 1 No. 1, 72–83.
Kemendikbud, Puspendik. (2019). Hasil Ujian Nasional. [online] tersedia: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!& [diakses: 20 September 2021]
Mulyasa, H. E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik Kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245–258.
Salam, N. A., Diansyah, Y., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Mind Map. Prisma Universitas Suryakancana, 9(2), 136–145.
Setiabudi, Agung; Susanta, Agus; Maulidiya, D. (2017). Efektifitas LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 122–126.
Subana. (2005). Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Subchan, Winarni, Mufid, M. S., Fahim, K., & dan Syaifudin, W. H. (2018). Buku Guru Matematika untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Triwibowo, T., Pujiastuti, E., & Suparsih, H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Daya Juang Siswa Melalui Strategi Trajectory Learning. Jurusan Matemaika FMIPA Universitas Negeri Semarang, Semarang, 1, 347–353. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19615
Widyoko, E. P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399.