MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 6 CIMAHI
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.10316Keywords:
Mathematical Understanding, Discovery LearningAbstract
References
Amintoko, G. (2017). Model Pembelajaran Direct Instruction Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Definisi Limit Bagi Mahasiswa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 7–12. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.549
Arifin, S. (2016). Analisis Kesalahan Pengoperasian Bilangan Bulat Pada Siswa SMA Negeri 16 Makassar [Masters, Pascasarjana]. http://eprints.unm.ac.id/6019/
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120–127. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p120-127.171
Fitri, M., & Derlina. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5130
Imayati, I. (2018). Peranan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Dan Disposisi Matematis. Jurnal Mathematic Paedagogic, 3(1), 9. https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.267
Kamila, N. S., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Prosedur Polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 6. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.749-754
Kartikasari, D., Medriati, R., & Purwanto, A. (2018). Penerapan Discovery Learning Model dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Kalor dan Perpindahan Kalor. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.1-7
Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E- Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549–561.
Moreno, L. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMPN 25 Pekanbaru. 2, 28.
Mubarokah, I. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memodelkan Matematika Program Linear. 11(2), 10.
Nuraeni, N.-, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 975. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983
Nurhayati, A. S., & Aripin, U. (2020). Students Thinking Process In Solving The Problems Of Social Arithmetic Stories Test Based On Gender. MaPan, 8(1), 103. https://doi.org/10.24252/mapan.2020v8n1a8
Permendikbud 2014 No. 59. (t.t.). Pedoman Mata Pelajaran Matematika (Umum) untuk SMA/MA/SMK/SMAK.
Pertiwi, C. M., Fitriani, T., & Afrilianto, M. (2018). Relasi Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Keaktifan Belajar Matematik Siswa Smp Yang Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education Berbantuan Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 513. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p513-524
Rahmawati, R. (2021). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep siswa pada Pokok Bahasan Permutasi di Kelas X MAN 2 Pidie Jaya Kabupaten Pidie Jaya. SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan, 2(1), 100–112.
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Saputri, R. A. (2020). Analisis Interpretasi Bahasa Matematika Siswa Kelas V SDN Malinau (Loksado, Kal-Sel). THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.35747/tetha.v2i1.497
Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 810–813.
Sugiyanto, S., & Wicaksono, A. B. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Pada Kompetensi Pertidaksamaan Rasional Dan Irasional. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(2), 354. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i2.2337
Susanti, E., Murni, A., & Anggraini, R. D. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X Mia 2 Man 2 Model Pekanbaru Melalui Penerapan Discovery Learning. Jurnal Online Mahasiswa, 2(1), 11.
Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1026
Waisnawa, I. G. A., Megariati, M., & Zulkardi, Z. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Discovery Learning Materi Inegral Tentu Kelas XI IPA SMAN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 86–97. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3264
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.