HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p93-98Keywords:
Learning Interest, mathematical reasoningAbstract
References
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 10. 11-21.
Awaliyah, W. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Bandung, STKIP Siliwangi,Vol. 5. 991-1000.
Hendriana, Rohaeti, & Soemarmo (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-28.
Hidayat, W., & Prabawanto, S. (2018, January). Improving students’ creative mathematical reasoning ability students through adversity quotient and argument driven inquiry learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012005). IOP Publishing.
Kariadinata, R. (2012). Menumbuhkan Daya Nalar (Power of Reason) Siswa melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Infinity,1(1).
Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1).
Siagian, R. E. F. (2013). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2): 122-131.
Sobandi, A., & Nurhasanah, S. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 135-142.