SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN INOVATIF

Authors

  • Rohyati Rohyati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Fitrianto Eko Subekti Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.11065

Keywords:

Problem Solving Skill, Problem Based Learning, SLR

Abstract

The purpose of this study is to determine whether problem-based learning models have an influence on increasing students' ability to solve mathematical problems. The Systematic Literature Review (SLR) method was the method used in this study. The systematic stage of this review literature is planning, reviewing and documentation. The data analysis technicque used is data grouping, dara analysis, and data conclucion. The results of the study showed: (1) There is an increase in students' ability to solve problems using the Problem-Based Learning model, (2) the Problem-Based Learning model becomes an alternative for teachers in developing students' problem-solving skills, (3) comic media becomes an alternative in delivering material as a driver of problem-solving abilities. students, (4) students' ability to solve problems is influenced by various factors, it is necessary to optimize the factors that influence student problem solving.

References

Abidin, Z. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek literasi, dan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10736

Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., Yuliani, A., Siliwangi, I., Jendral, J. T., & Cimahi, S. (2018). Analisis hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa SMP. Journal On Education P, 1(1), 58–65.

Anugrah Cahya Dewi, P., Gusti Putu Sudiarta, I., & Suweken, G. (2020). Pengembangan perangkat model pembelajaran tutor sebaya berbantuan komik matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(1), 1858–0629.

Aprilla, C. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis komik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, Vol. 3(2).

Ariandi, Y. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan aktivitas belajar pada model pembelajaran PBL. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang.

Ariati, L. K., & Hartati, D. L. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kreativitas dan kecerdasan emosional. Jurnal Analisa, 3(2), 2549–5135. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index

Asiyah, A., Topano, A., & Walid, A. (2021). Pengaruh problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah Dan hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 717–727. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.263

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.5281/zenodo.1405906

Budinurani, K., & Jusra, H. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan penerapan model probem based learning berbantu media komik dengan role playing games. HOLISTIKA JURNAL ILMIAH PGSD, IV(2).

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Faruq Masri, M., & Deniyanti, P. (2018). Pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap self - efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMA. JPPM, 11(1).

Firda Fadella, E., & Prabowo, A. (2018). Keefektifan problem based learning berbantuan komik matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa. PRISMA, PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan media komik dengan model problem posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Handayani, K. (2017). Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika. SEMNATIKAUNIMED.

Imam, I., Ayubi, A., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., Barat, I., & Com, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360

Imamuddin, M., Rusdi, Isnaniah, & Audina, M. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan gaya belajar. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan DanPembelajaran Matematika, Vol. 3(1).

Kalbuadi, L., Ayuningtyas, A. D., & Widodo, S. A. (2020). Think pair share dengan komik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 44–52. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.275

Kristianto, D., & Sri Rahayu, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-komik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).

Masril, M., Jalinus, N., Jalius, J., Dakhi, O., Upi, ), Padang, Y., Universitas, ), Padang, N., Stmik, ), & Medan, B. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis masalah pada kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 2442–2355.

Meisura, A., Zubaidah Amir, dan M., Pendidikan Matematika, P., Islam Negeri Sultas Syarif Kasim Riau, U., & Artikel, S. (2019). Pengaruh penerapan startegi metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemadirian belajar siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keyakinan matematis siswa. MaPan, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12

Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, lisna S., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa indonesia berdasarkan analisis data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 3. http://jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaaan gaya kognitif dan gender. Kreano Jurnal Matematika Inovatif, 9(2).

Okta Aninda, B., & Suryadarma, G. P. (2017). Penerapan PBL dengan suplemen komik digital terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan. JURNAL BIOEDUKATIKA, 5(2), 46–53. http://journal.uad.ac.id/index.php/BIOEDUKATIKA

Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069

Pamungkas, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan media komik dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika SD. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1405. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7904

Peranginangin, S. A., Saragih, S., & Siagian, P. (2019). Development of learning materials through PBL with karo culture context to improve students’ problem solving ability and self-efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2). https://doi.org/10.29333/iejme/5713

Pratiwi, D., Suendarti, M., & Hasbullah. (2019a). Pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah. JKPM Jurnal Kajian Pendidikan Matematika2019, 5(1), 1–14.

Pratiwi, D., Suendarti, M., & Hasbullah. (2019b). Pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 1–14.

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: media komik dalam pembelajaran matematika. MATHEMA JOURNAL E-ISSN, 3(1).

Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3619

Rukmana, A. D., Nurdin, E., Kurniati, A., Matematika, P., Islam, U., Sultan, N., & Riau, S. K. (2021). Pemecahan masalah matematis siswa dalam learning cycle 7E ditinjau dari self efficacy. Journal for Research in Mathematics Learning) p, 4(1), 41–050.

Sanglimbo Buranda, M., Bernard, M., Matematika, P., Bandung, S., Jendral, J. T., Cimahi, S., & Com, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik materi lingkaran siswa SMP berdasarkan gender. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 1(1). https://doi.org/10.XXXXX/jpmi.vXiX.XX-XX

Sri Elita, G., Habibi, M., Putra, A., Nelpita Ulandari, dan, Studi Pendidikan Matematika, P., Agama Islam Negeri Kerinci Jalan Pelita, I. I., Penuh, S., Gedang, S., Kunci, K., Pemecahan Masalah Matematis, K., Metakognisi, P., & Based Learning, P. (2019a). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Sri Elita, G., Habibi, M., Putra, A., Nelpita Ulandari, dan, Studi Pendidikan Matematika, P., Agama Islam Negeri Kerinci Jalan Pelita, I. I., Penuh, S., Gedang, S., Kunci, K., Pemecahan Masalah Matematis, K., Metakognisi, P., & Based Learning, P. (2019b). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 8(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Sri Putri, R., Suryani, M., Lucky Heriyanti Jufri, dan, Studi Pendidikan Matematika, P., PGRI Sumbar Jalan Gunung Pangilun, S., & Barat, S. (2019). Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9638

Wicaksono, S. (2016). The development of interactive multimedia based learning using macromedia flash 8 in accounting course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1).

Widyatiningtyas, R., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2015). The impact of problem-based learning approach for senior high school students’ mathematics critical thinking ability. IndoMS-JME, 6(2), 107–116.

Wira, L., Pandiangan, H., Penerapan, E. S., & Surya, E. (2020). Problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP swasta Santa Maria Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1).

Yanti, A. H. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2).

Yuhani, A., Sylviana Zanthy, L., Hendriana, H., Siliwangi Bandung, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.445-452

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based leraning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa

Downloads

Published

2022-07-11

Issue

Section

Articles