MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN DISCOVERY DALAM KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.11981Keywords:
Inquiry Model, Discovery Model, Mathematical RepresentationAbstract
References
Agustina, T. B., & Sumartini, Ti. S. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model STAD dan TPS. PLUS MINUS : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 315–326. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1264
Diba, S. F., Bharata, H., & Widyastuti. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(3), 236–247.
Dwirahayu, G., Sandri, M., & Kusniawati, D. (2020). Inquiry Based RME Terhadap Kemampuan Representasi Matematik Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 45–58. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.45-58
Fiantika, F. R., & Zhoga, E. F. E. (2021). Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 16–38. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.11996
Hapsari, B. P., & Muandar, D. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2000, 1–11.
Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539
Kusumaningsih, W., & Marta, R. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1247
Maharani, D., Gunowibowo, P., & Wijaya, Agung, P. (1972). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 39–49.
Mahardika, I. K., Rofiqoh, A., & Supeno. (2019). Model Inkuiri Untuk Meningatkan Kemampuan Representasi Verbal Dan Matematis Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 77–85.
Maryati, I., & Monica, V. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri dalam Kemampuan Representasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.885
Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. Prisma, 10(2), 244. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1308
Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 9–22. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v9i1.79
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960
Nurfitriyanti, M., Rita Kusumawardani, R., & Lestari, I. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Penalaran Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Gantang, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1665
Putra, I. S., Masriyah, M., & Sulaiman, R. (2018). Students’ Translation Ability of Mathematical Representations (Symbolic and Visual) Based on Their Learning Styles. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012079
Putri, A. M., Mahardika, I. K., & Nuriman, N. (2021). Model Pembelajaran Free Inquiry (Inkuiri Bebas) Dalam Pembelajaran Multirepresentasi Fisika Di Man 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 324–327. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/download/23179/9327
Putri, F. D., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2017). PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE. Economica, 6(1), 72–86. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941
Rahayu, D., Kartini, K., & Yuanita, P. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP/MTs. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 47. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8482
Ramanisa, H., Khairudin, K., & Netti, S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 34–38. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page34-38
Sandy, Asnawati, R., & Caswati. (2019). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(2), 209–220.
Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 72. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.72-87
Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(September), 483–492. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1011
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984
Yulinawati, A., & Nuraeni, R. (2021). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(November), 519–530. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1448
Yuwono, G., Mahardika, I., & Gani, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Kemampuan Representasi Verbal, Gambar, Matematis, Dan Grafik) Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(1), 60–65.