PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.12929Keywords:
Contextual Teaching and Learning learning, mathematical problem-solving abilityAbstract
References
Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. JPMI, 5(2), 451–462. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.451-462
Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., & Sundayana, R. (2019). The Analysis of Mathematics with ATLAS.ti. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077097
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Asrohah, H. (2013). Pembelajaran Tematikterpadu : Membimbing Anak Mengintegrasikan Pengetahuan. Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 233–252.
Dayani, D. R., & Hasanuddin. (2020). Pengaruh Penerapan Model Contexctual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP Negeri 1 Sungai Batang. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 91–100.
Dwianjani, N. K. V., Candiasa, I. M., & Sariyasa. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 153–166. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.276
Hasratuddin. (2021). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2), 130–141. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/960
Hilyani, N. H., Pitriani, & Malalina. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 57 Palembang Materi Aritmatika Sosial. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(2), 125–132.
Jhonson, E. (2007). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center
Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30–41.
Lase, Y. (2021). Application of Contextual Teaching and Learning Approaches to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Skills During the Covid-19 Pandemic. January.
Latifah, N. I. W., & Sutirna, S. (2021). Strategi Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Himpunan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 541–550. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.541-550
Lestari, K. d. (2015). Penelitian Pendidikan. Bandung: Reflika Aditama.
Marjani, L. (2019). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Darul Qur’an Bengkel.
Nisrina, N. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 294–303. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8249
Noferina, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang (Issue September).
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Pattisina, C. Z. D., & Sopiany, H. N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau dari Kecemasan Matematika pada Materi Lingkaran. Sesiomadika Journal, 769–782.
Polya, G. (1973). How to Solve it. In Stochastic Optimization in Continuous Time. https://doi.org/10.1017/cbo9780511616747.007
Rahmat, A. (2010). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan Aplikasi. In Ideas. https://id.id1lib.org/book/18179945/48cd87
Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Problem-Solving Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Permasalahan Materi Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1113–1122. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1113-1122
Ritonga, A. I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Materi Integral di Kelas XI MAS Al-W (Issue Mei).
Sinabariba, R. (2017). Peranan Guru Memilih Model-Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 67–74.
Subekti, E. E. (2011). Menumbuh kembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v1i1.62
Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, 19(2), 121–138.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran CTL terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11–18. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2561.