PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
(1) IKIP Siliwangi
(2) IKIP Siliwangi
(3) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anas, W., Nissa, I., & Abidin, Z. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Mataram. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 5(1), 57–61.
Ariesta, R. A., & Zetriuslita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat. AKSIOMATIK : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(3), 109–116.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, K., Pitadjeng, & Nugraheni, N. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-b Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Joyful Learning Journal, 2(2), 1-15.
Chotimah, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP di Kota Bandung dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educations pada Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Didaktik, 9(1), 26–32.
Dhoruri, O. A. (2008). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Pendidikan Matematika UNY, 2(4), 1–10.
Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20.
Nurliana, A. (2009). Usaha Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Aktivitas Pembelajaran dengan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang di SMP Kelas VIII. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nursiddieq, M. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Blended Learning Berbantuan PhET Melalui Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Universitas Mataram.
Obiarta, I., Sudiana, I., & Rasana, I. (2014). Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 22–45.
Sarjiman, P. (2006). Peningkatan Pemahaman Rumus Geometri Melalui Pendekatan Realistik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 0(1), 73–92.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.13011
Article Metrics
Abstract view : 35 timesPDF - 43 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
--------------------------------------------------------------------------------
JPMI is published by IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
Publisher Address:
HKI & Publikasi IKIP Siliwangi
Building D - First Floor - Room D-12
Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi 40526
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi
jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id
editor_jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id
JPMI by https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.
p-ISSN: 2614-221X e-ISSN: 2614-2155
JPMI has been indexed at: