PENGARUH BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.13835Keywords:
Blended Learning, Flipped Classroom, Students’ Mathematical Reasoning AbilitiesAbstract
References
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV. Pustaka Ilmu Group.
Akhiruddin, Sujarwo, & Atmowardoyo, H. N. (2019). Belajar dan Pembelajaran. In Cv. Cahaya Bintang Cemerlang.
Anshori, M., & T, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Xii Mipa Sma Negeri 4 Pontianak. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 1–8.
Darmawan, W., Kuswandi, D., & Praherdhiono, H. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbasis Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Prakarya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teologi Pendidikan, 5(1), 170–179.
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi. SWASTA NULUS.
Fedistia, R., & Musdi, E. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 45–59. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.14371
Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.894
Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827
Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 92–102. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.508
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826
Maulida, U. (2020). Konsep Blended Learning Berbasis Edmodo Di Era New Normal. Dirasah, 2, 121–136.
Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2081
Nasution, N., Jalinus, N., & Syahril. (2019). BUKU MODEL BLENDED LEARNING. Unilak Press.
Nurjanah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Smp Kelas Viii Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Journal On Education, 1(2), 372–381.
Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 14. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.14-29
Sukri, H., & Fatah, D. A. (2020). RANCANG BANGUN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN DAYA BELAJAR MANDIRI MAHASISWA Program Studi Sistem Informasi optimal . Model Pembelajaran berbasis Flipped Classroom merupakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan. Jurnal Ilmiah Edutic, 6(2), 52–60.
Sutisna, M. R., Mulyadi, D., & Alinawati, M. (2019). Pengembangan Blended Learning Dengan Model Flipped Classroom. Pedagogia, 17(2), 120–134. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i2.17951
Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom ( FC ) terhadap Hasil Belajar. Edumatica | Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 71–77.