ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GENDER
(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, Pratiwi; Saripudin; Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Soal Problem Solving. JTMT : Journal Tadris Matematika, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.47435/jtm.v1i1.393
Apriyani, F., & Imami, A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMK Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 236–246. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1973
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. PT Rineka Cipta.
Buranda, M. S., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Materi Lingkaran Siswa SMP Berdasarkan Gender. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(1), 33–40.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Dwi Putra, H., Fathia Thahiram, N., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90. http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm
Fikriani, T., & Nurva, M. S. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp kelas IX dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 252–266. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6132
Hidayah, N. T., Nugroho, A. A., & Endahwuri, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pola Bilangan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 80–84.
Inastuti, I. G. A. S., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Amrullah, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.4
Lestari, W., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1141. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3661
Malikiyah, S. (2019). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP antara yang memperoleh Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dan Problem Based Learning (PBL). In Universitas Pendidikan Indonesia.
Nurhayati, & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTS Pada Materi Pola Bilangan. Journal On Education, 1(02), 23–36.
Purwaningsih, D., & Ardani, A. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Eksponen Dan Logaritma Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 118. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2632
Rahmawati, A., & Warmi, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 365–374. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1012
Riska, K., & Kurniawati, A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM: Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118–122.
Saedi, M., Mokat, S., & Herianto. (2012). Teori Pemecahan Masalah Polya dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Belajar), 4(1), 110–121.
Sari, N. P. N., Fuad, Y., & Ekawati, R. (2020). Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 56–63. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22525
Tarigan, I. M., Simanjorang, M. M., & Siagian, P. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender di SMP N 1 Kuta Buluh. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2984–2998. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1791
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121
Yudhi, H., Aisyah, S. H., & Amelia, F. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gender. PHYTAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(11), 189–201. https://doi.org/10.36709/japend.v1i1.11684
Yuliana, W., & Winarso, W. (2019). Penilaian Self Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Persfektif Gender. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 41–60.
DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.14467
Article Metrics
Abstract view : 129 timesPDF - 101 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
--------------------------------------------------------------------------------
JPMI is published by IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
Publisher Address:
HKI & Publikasi IKIP Siliwangi
Building D - First Floor - Room D-12
Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi 40526
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi
jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id
editor_jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id
JPMI by https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.
p-ISSN: 2614-221X e-ISSN: 2614-2155
JPMI has been indexed at: