ANALISIS KESULITAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP 1 PASUNDAN CIMAHI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.15670Keywords:
Analyze difficulties, straight line equations, MatimaticAbstract
References
As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Buku peserta didik matematika kelas viii semester 2. In Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.
Arends, Richard I. 2008. Learning to teach, sixth edition. Yogyakarta : Perpustakaan Belajar
Dewi, Lambertus Lambertus, Hafiludin Samparadja. (2019). "Analisis Kesalahan
dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus pada peserta didik kelas Viii-2 M.Penelitian Pendidikan Matematika. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9281
Hakim, Abdul & Aji, I. (2022). Persamaan garis lurus. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.877-884
Hanum, T. H. (2020). Upaya mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada materi persamaan garis lurus dengan pendekatan saintifik di SMP. Jurnal penelitian dan pembelajaran matematika, 13, 103–118.
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa smp pada materi persamaan garis lurus. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107-116.
Jamal, F. (2014). Analisis kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas xi ipa sma muhammadiyah meulaboh johan pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36.
Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan kerjasama peserta didik dengan metode jigsaw dalam bimbingan klasikal. 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00
Manalu, A. C. S., Jumiati, Y., & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar matematika peserta didik smp kelas viii pada materi persamaan garis lurus berbantu aplikasi geogebra. Journal on Education, 2(1), 63-69.
Primayanti, G., Suwu, S. E., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Lentera Way Pengubuan pada topik persamaan garis lurus [The implementation of the drill method to increase mathematical communication skills of grade 8 students in linear equations topics at SMP Lentera Way Pangubuan]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 135-149.
Putra, A. P. (2016). Analisis kesulitan peserta didik dalam penyelesaian soal sifat-sifat gradien bab persamaan garis lurus pada peserta didik smp pgri arjosari kabupaten pacitan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44–67.
Sehajun, P., & Tambunan, N. (2021). Analisis kesulitan matematika siswa kelas viii smp santo paulus pada materi persamaan garis lurus. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1).177-187
Tamami, R. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran interaktif (mpi) powerpoint untuk visualisasi konsep menggambar grafik persamaan garis lurus. Journal Mathematics and Education, I(1), 1–12.
Tanjungsari, R. D., & Soedjoko, E. (2012). Diagnosis kesulitan belajar matematika SMP pada materi persamaan garis lurus. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1).53-56
Umam, K., Suryawati, S., & Septiana, E. (2017). Identifikasi kesulitan peserta didik dalam memahami persamaan garis lurus di smp negeri 6 banda aceh. Jurnal Serambi Akademica, 5(2), 1–6. dikutip dari http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/325/300%0Ahttp://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/
article/view/325