ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PASCA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Endah Meida Supiani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17066

Keywords:

Self-Regulated Learning, Mathematics, Post Online Learning

Abstract

The purpose of this study was conducted to analyze and describe student learning independence in learning mathematics after online learning that students have experienced for approximately two years. This study used a qualitative approach and descriptive method by taking as many as 33 students in class VIII L of SMP Negeri 1 Karawang Barat as subjects as subjects. The instrument used is a non-test in the form of a questionnaire which contains 20 statement items and has 5 indicators. The data that has been collected from the questionnaire is then analyzed and described using the criteria of the percentage of student answers. The results of the study show that some students have learning independence in learning mathematics after online learning by 69.15%. So that it can be said that most students have good independence in learning mathematics after good learning. Even so, it is better for a student to increase independence in learning mathematics to achieve even better learning outcomes.

References

Amalia, A., Syafitri, L. F., Sari, V. T., & Rohaeti, E. E. (2018). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematika dengan self efficacy dan kemandirian belajar siswa SMP. Junal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 887–894. doi:/10.22460/jpmi.v1i5.p887-894

Ambiyar, Aziz, I., & Melisa. (2020). Perbedaan kemandirian belajar siswa pada masa pandemi di SMAN 1 lembah melintang dan SMAN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika /, 4(3), 1246–1258. doi:https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.367

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2), 182 - 189. doi:https://core.ac.uk/download/pdf/304202212.pdf

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di smkn 1 cihampelas. Journal On Education, 1(2), 382-389. doi:https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78

Chaterine, R. N. (2022, 01 03). Alasan kemendikbud tetap izinkan ptm 100 persen di sekolah meski masih pandemi. (S. Asril, Editor) Dipetik 10 15, 2022, dari Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2022/01/03/09430461/alasan-kemendikbud-tetap-izinkan-ptm-100-persen-di-sekolah-meski-masih?p

Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,, 9(1), 48-54. doi:https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i1.2293

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2015). Pengaruh kemandirian belajar siswa smp terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal On Education, 1(2), 288–296. doi:https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.66

Fitriani, A., & Yusri, F. (2022). Tingkat kemandirian belajar pada remaja. Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 9(1), 9 - 18. doi:https://doi.org/10.37064/consilium.v9i1.11332

Handayani, A. S., & Ariyanti, I. (2020). Kemandirian belajar matematika siswa smp disaat pandemi covid-19. Prosiding: Konferensi Nasional Pendidikan I , 6 -10.

Iswati, M. (2021). Analisis kemandirian belajar matematika siswa di masa pandemi covid-19. Skripsi.

Johanda, M., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). Self-efficacy siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah di smp negeri 1 ampek angkek. Neo Konseling, 1(1), 1-5.

Khair, S. N., & Soleh, H. (2021). Analisis dampak covid-19 terhadap kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika berbasis online. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 311 - 321.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: Refika Aditama.

Nurfajriyanti, I., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594-2603. doi:doi:https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.797

Nurhafsari, A., & Sabandar, J. (2018). Kemandirian belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan aktivitas quick on the draw. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 97 - 107. doi:http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v1i2.1051

Nurjanah, A., Haerudin, & Nur, I. R. (2022). Analisis kemandirian belajar matematika saat pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa SMA. Jurnal Educatio, 8(2), 589-598. doi:https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1961

Oktarin, S., Auliandari, L., & Wijayanti, T. F. (2018). Analisis kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas x sma ykpp pendopo. Jurnal Pendidikan Biologi & Sains, 2(2), 104–115. doi:https://doi.org/10.29405/j.bes/22104-1152493

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 789 - 798. doi:DOI 10.22460/jpmi.v4i4.789-798

Sapendi. (2019). Hubungan Antara kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar matematika kelas viii di smpn 3 narmada tahun pembelajaran 2018/2019. Skripsi, 4.

Sofyan, A., & Ratuman, T. G. (2018). Pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 21 Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17 - 24. doi:https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp15-22

Sundari, Fuadi, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Kemandirian belajar matematika masa pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar. JURNALBASICEDU, 6(1), 1389 - 1397. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2233

Supendi. (2019). Hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar matematika kelas VIII di SMPN 3 Narmada tahun pembelajaran 2018/2019. Skripsi, 4 - 5.

Sutama, & et al. (2018). Kemandirian dalam pembelajaran matematika di madrasah tsanawiyah. varia pendidikan, 30(2), 9.

Wahyuni, D. (2022). Pembelajaran tatap muka 100% di tengah peningkatan kasus covid-19. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 14(15), 25 - 30.

Yahya, I., & Warmi, A. (2021). Analisis kemandirian belajar matematika saat pembelajaran daring pada siswa smp. MAJU, 8(2), 336-347.

Downloads

Published

2023-05-20

Issue

Section

Articles