KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17077Keywords:
Understanding of Mathematical Concepts, Straight Line EquationsAbstract
References
Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125–134. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/EDU/article/view/1208
Arnidha, Y. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Bangun Datar. JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), 3(1), 53–61. https://doi.org/10.54892/jpgmi.v3i1.22
Darwanto. (2019). Hard Skills Matematik Siswa (Pengertian dan Indikatornya). Jurnal Eksponen, 9(1), 21-27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.129
Depitasari, R., Muchlis, E., Irsal, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Setelah Pembelajaran Menggunakan LKPD dengan Model Inkuiri. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1). 58-70. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.58-70
Putra. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90. http://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2007
Hayati, S. H., & Marlina, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar di SMP IT Nurul Huda Batujaya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 827-834. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p827-834
Hendriana, dkk. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama. ISBN: 978-602-6322-45-6. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1044360
Kirana, A., & Nur, I. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 8(1), 374-385. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1992
Lestari, A. S., Aripin, U., & Hendriana, H. (2018). Identifikasi Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Penalaran Matematik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Analisis Kesalahan
Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 493–504. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p493-504
Lestari & Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama. ISBN: 978-602-7948-87-7. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1192720
Liana. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Representasi Ganda (Multiple Representasi) Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP Negeri 34 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2019/2020. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Antasari). http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12968
Maharani, L., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2013). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Generative Learning di Kelas VIII SMP Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-16. https://doi.org/10.22342/jpm.7.2.4650.1-16
Munawarah, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). http://library.ar-raniry.ac.id/
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80
Primayanti, G., Suwu, S. E., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Lentera Way Pengubuan pada Topik Persamaan Garis Lurus. Jurnal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 135–149. http://dx.doi.org/10.19166/johme.v1i2.867
Rusfiana, M., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1d), 1109-1118. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2484
Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 9-13. http://dx.doi.org/10.17977/um076v2i12018p9-13
Yanti, N., Sofiyan, & Ramadhani, D. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Skala Kelas V SD Negeri 2 Langsa Tahun Pelajaran 2019/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 90–102. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/2442