KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17206Keywords:
Mathematical Understanding Ability, Quadratic EquationAbstract
References
A’dadiyyah, N. L. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus tahun 2020/2021. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40–49. http://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/Laplace/article/view/462
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–78. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/3890
Anggraini, Y. P., & Kartini, K. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat pada siswa kelas IX SMPN 2 Bangkinang Kota. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 210–223. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7682
Aripin, U. (2015). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa SMP melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120–127. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/171
Astuti, T. P. (2013). Perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran snowball throwing dengan yang mendapatkan model pembelajaran numbered heads together (NHT). Skripsi STKIP. Garut: Tidak Diterbitkan.
Hidayat, P. A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi perpangkatan dan bentuk akar secara daring pada masa pandemi Covid-19 di Desa Jayaraga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 183–192. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/powermathedu/article/view/07_pmev1n2
Imswatama, A. (2016). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri analitik bidang materi garis dan lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1368
Melinia, T., & Mulyono, B. (2022). Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX terhadap materi persamaan kuadrat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6642
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/397
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan pemahaman matematis siswa SMP di Bandung Barat. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 19–30. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981
Putri, C. N., Hakim, D. L., Karawang, U. S., Ronggo Waluyo, J. H., Timur, T., Karawang, J., & Barat, I. (2022). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XII pada materi program linear. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1573–1580. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1573-1580
Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150–163. http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/60
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Susiaty, U. D., & Haryadi, R. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(2), 239–248. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i2.1574
Tianingrum, R., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA), 440–446. http://pmat-unsika.eu5.org/Prosiding/64RisnaTianingrum-SESIOMADIKA-2017.pdf
Utami, D. R., Nusantara, T., & Qohar, A. (2021). Analisis kesulitan siswa pada aspek kognitif dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan kesalahan newman. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(12), 1853–1860. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i12.15159
Yani, C. F., Maimunah, M., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.481