Perbedaan disposisi matematika siswa yang mengikuti kursus dan tidak mengikuti kursus: mana yang lebih baik?
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17301Keywords:
mathematical disposition, math courseAbstract
References
Azizah, A. A. M., & Mashar, A. (2021). Analisis pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran matematika kelas III sekolah dasar. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 1(2), 54–64. https://doi.org/10.22515/jenius.v1i2.3329
Azwar, S. (2011). Tes prestasi, fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve student mathematical reasoning ability with open-ended approach using VBA for powerpoint. AIP Conference Proceedings 2014, 020013. https://doi.org/10.1063/1.5054417
Bernard, M., & Rohaeti, E. E. (2016). Meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematik siswa melalui pembelajaran kontekstual berbantuan game adobe flash CS 4.0 (CTL-GAF). Edusentris, 3(1), 85. https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i1.208
Diningrum, P. R., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). Hubungan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP negeri 24 Jakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 01, 352–364.
Fitri, M., Kesumawati, N., & Dirgantara, M. R. D. (2022). Pembelajaran matematika berdasarkan pendekatan PMRI terhadap kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1630–1636. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5575
Herutomo, R. A., & Masrianingsih, M. (2019). Pembelajaran model creative problem-solving untuk mendukung higher-order thinking skills berdasarkan tingkat disposisi matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 188–199. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26352
Krisnawati, R. D. (2022). Penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 37–49. https://doi.org/10.30587/postulat.v3i1.4315
Mandur, K., Sadra, W., & Suparta, I. N. (2016). Kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi, dan disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA swasta di kabupaten manggarai. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(1), 68–72.
Marchis, I. (2011). Factors that influence secondary school students’ attitude to mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 786–793. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.306
Maxwell, K. (2001). Positive learning dispositions in mathematics. In M. Haynes (Ed.), ACE Papers 11 (pp. 30–39).
NCTM. (1988). Curriculum and evaluation standards for school mathematics: responses from the research community. Journal for Research in Mathematics Education, 19(4), 338. https://doi.org/10.2307/749544
Nurfitriyanti, M. (2017). Peningkatan kemampuan disposisi matematika melalui pembelajaran berbasis persepsi masyarakat. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 84–93. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1726
Purnomo, S., Kuswandi, D., & Praherdhiono, H. (2021). Pengaruh model SAVI berbantuan software pengendali client terhadap tingkat kedisiplinan dan hasil belajar matematika. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(2), 243–253. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p243
Rahayu, B. N. A., & Dewi, N. R. (2022). Kajian teori: kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari rasa ingin tahu pada model pembelajaran preprospec berbantu TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 297–303.
Retnowati, D., & Murtiyasa, B. (2013). Upaya meningkatkan pemahaman konsep dan disposiss matematis menggunakan model pembelajaran treffinger. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 14–23.
Rosnawati, Johar, R., & Abidin, Z. (2020). Kinerja dan disposisi matematis siswa melalui penerapan model project based laarning di SMP. Numeracy, 7(2), 291–308. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1269
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan disposisi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.4880
Rustyani, N., Komalasari, Y., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Upaya meningkatkan disposisi dengan pendekatan open ended pada siswa SMK kelas X-RPL B. Journal on Education, 01(02), 265–270.
Saija, L. M. (2012). Analyzing the mathematical disposition and its correlation with mathematics achievement of abstract senior high school students. Infinity Journal, 1(2), 148–152. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.p148-152
Salmaniah, F., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2016). Disposisi matematis siswa ditinjau dari kemampuan problem solving. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(06), 01–12.
Saniah, S. L., & Nindiasari, H. (2023). Efektifitas flipped classroom diintegrasikan dengan model discovery learning terhadap kemampuan numerasi ditinjau dari disposisi matematis siswa SMA. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 151–158.
Sari, W. Y., Ramadhani, E., & Nurlela, N. (2022). Gambaran Stres akademik siswa pada masa new normal di sekolah menengah pertama negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1637–1641.
Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sumarmo, U. (2014). Pengembangan hard skill dan soft skill matematik bagi guru dan siswa untuk mendukung implementasi kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana.
Suyitno, H., & Susilo, B. E. (2017). Analysis of mathematical connection ability and mathematical disposition students of 11th grade vocational high school. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 152–162. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v6i2.13135
Wanabuliandari, S. (2016). Peningkatan disposisi matematis dengan pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model thinking aloud pairs problem solving (TAPPS) berbasis multimedia. Refleksi Edukatika, 6(2), 138–144. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.605.