Pengembangan bahan ajar berbantuan geogebra pada materi transformasi geometri
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17377Keywords:
teaching materials, student worksheet, GeogebraAbstract
References
Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam pembelajaran geometri. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
Ekawati, A. (2016). Penggunaan software geogebra dan microsoft mathematic dalam pembelajaran matematika. Pendidikan Matematika, 2(3), 148–153.
Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan software geogebra pada materi transformasi geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91
Farihah, U. (2015). Pengaruh program interaktif geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik persamaan garis lurus. JP2M, 1(1), 11–23.
Gede, I. D., Ardinata, P., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2020). Pengembangan geogebra untuk materi transformasi geometri berorientasi strategi IKRAR dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Wahana Matematika Dan Sains, 14(1), 87–96. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/23481
Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan geogebra pada materi transformasi geometri. Equation, 4(1), 47–59.
Hasanah, N., & Purwasih, R. (2022). Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan kemampuan matematik habits of mind. JPMI, 5(1), 149–158. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.149-158
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1373
Meilani, R. I., & Ricardo. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ( The impacts of students ’ learning interest and motivation on their learning outcomes ). Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79–92.
Nabila, H. I., Fitriani, N., & Setiawan, W. (2023). Pengembangan media pembelajaran vidio animaker pada materi statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1071–1082. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17563
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan disi siswa SMP melalui pendekatan open ended. PRISMA Universitas Suryakanca, VI(2), 119–131.
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan geogebra. Matematika, 16(2), 1–6. http://ejournal.unisba.ac.id
Octariani, D., & Halimah Rambe, I. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis project based learning berbantuan sofware geogebra. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 2528–4363.
Purnomo, J. (2021). Kebermanfaatan penggunaan geogebra dalam pembelajran matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8, 9–22. http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/
Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70. http://jurnalhikmah.staisumatra-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/download/10/13
Safitri, S., Nursyamsiah, G., Setiawan, W., & Belakang, L. (2020). Analisis minat belajar siswa MTs dalam pembelajaran matematika berbantuan geogebra. MAJU, 7(1), 111–116.
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematik untuk siswa kelas VII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1135–1142.
Setiawan, W., Noor, H. L. F., & Filiestianto, G. (2021). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis animasi pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 4(2), 435–444. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.435-444
Supartinah, A., Hendriana, H., & Sugandi, A. I. (2023). Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik dan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik. Jurnal Prisma, 12(1), 58–71. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2772
Widodo, C. A., Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2021). Pengembangan bahan ajar digital matematika SMA kelas X berbasis STEM. WIDYADARI Jurnal Pendidikan, 22(2), 478–486. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550400
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Shofiah, T., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.