ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP PADA ERA MERDEKA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393Keywords:
Numeracy Literacy, Era of Independent LearningAbstract
References
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media.
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Efyanto, D. (2021). Analisis penerapan kebijakan merdeka belajar pada kurikulum smk. in pascasarjana, Direktorat Program Malang, Universitas Muhammadiyah.
Ekowati, D. W. T., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Hina, I. M., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.
Fauzi, F. G., Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP petri jaya jakarta timur pada konten aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 83–91.
Fitriana, F. N. (2022). Pengaruh penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.
GLN. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Irawan, T. A., Rahardjo, S. B., & Sarwanto. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 1(2), 232–236.
Istikhoirini, E. (2021). Studi literatur : edmodo sebagai media pembelajaran matematika daring dalam era merdeka belajar di masa pandemi. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 2(1), 11–18. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/500
Juanti, S., Karolina, R., & Zanthy, L. S. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal geometri pokok bahasan bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 239–248. https://doi.org/https://DOI 10.22460/jpmi.v4i2.239-248
Kemendikbud. (2022). Tentang kurikulum merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Tentang-Kurikulum-Merdeka
Koparan, T. (2015). Difficulties in learning and teaching statistics: teacher views. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 46(1), 94–104. https://doi.org/10.1080/0020739X.2014.941425
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Naufal, H. (2021). Model pembelajaran konstruktivisme pada matematika untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa di era merdeka belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152.
Novitasari, D. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi pada siswa sekolah dasar negeri di kota cirebon. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.
Oktavia, T. A., Maharani, D., & Qudsiyah, K. (2022). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran matematika di SMK Negeri 2 Pacitan. Repository STKIP PGRI Pacitan.
Putri, E. S., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2021). Analisis literasi numerasi pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel dikaji dari kecerdasan emosional. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 174. https://doi.org/10.26418/ja.v2i2.51508
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal konteks soal budaya pada topik geometri jenjang SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548–1562.
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. ProSANDIKA UNIKAL, 3(1), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Sari, F. A., & Aini, I. N. (2022). Analisis literasi numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal pola bilangan. Jurnal Pendidikan Tambusai , 6(2), 11963–11969.
Sidik, G. S., & Wakih, A. A. (2020). Kesulitan belajar matematik siswa sekolah dasar pada operasi hitung bilangan bulat. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 461–470. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.633
Sudirman, Cahyono, E., & Kadir. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP pesisir ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pembelajaran Berfikir Matematika, 3(2), 11–22. http://ojs.uho.ac.id/index.php/snrkt2017/article/view/3264
Sudrajat. (2018). Peranan matematika dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. “The Power of Mathematics for All Aplications,†1–12.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yustinaningrum, B. (2021). Deskripsi kemampuan literasi numerasi siswa menggunakan polya ditinjau dari gender. Jurnal Sinetik, 4(2), 129–140.
Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., Zulkardi, Z., Nuraeni, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). studi literatur: implementasi merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika selama pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 110–119. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1186