LEARNING OBSTACLE MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI HEURISTIK POLYA

Authors

  • Citra Aditia Rahayu IKIP Siliwangi
  • Nelly Fitriani IKIP Siliwangi
  • Wahyu Setiawan IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17507

Keywords:

Learning Obstacle, Heuristik Polya, Straight Line, Ability

Abstract

The purpose of this study was to analyze students' learning difficulties in independent learning. The method used is descriptive qualitative method. An example of this research is SMA Class VIII-A. Dharma Kartini Simahi has 28 students. Purposive sampling method. The data collected is in the form of a 3-point assessment tool with specific questions about students' ability to follow the Polya heuristic steps. Methods of data analysis include data management through objective definitions and qualitative analysis of student achievement test results. The learning barriers found in this study are ontogenic barriers (conceptual errors), epistemological barriers (practical problems) and educational barriers (teaching problems). The results showed that 43% of students were able to explain the problem and the lowest score in solving the problem was 14% of the total.

References

Amelia, R., Aripin, U., & Kirana, Y. C. (2020). Implementasi pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p27-34

Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Bernard, Martin, Nuni Nurmala, Shinta Mariam, dan N. R. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp kelas ix pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.5281/zenodo

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa smp kelas viii dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42–52. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306

Hakim, Abdul & Aji, I. (2022). Persamaan garis lurus. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.877-884

Hasan, H. (2022). Penerapan metode field trip dalam menulis puisi siswa kelas X. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 27–33. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.135

Heriyati. (2017). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 7(1), 22–32. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383

Kaliasan, K. (2022). Penerapan model pbl dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pai di smk negeri 1 kandis. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2(2), 519–527. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/1086/1121

Khairani, M., & Susanta, A. (2021). Analisis tingkat kognitif soal modul pengayaan kelas viii materi persamaan garis lurus dan sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan taksonomi bloom revisi. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 204–218. http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10249

Liberna, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penggunaan metode improve pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(23), 190–197. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.101

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di sman 6 malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003

Netriwati, N. (2016). analisis kemampuan mahasiswa dalam pemecahkan masalah matematis menurut teori polya. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.32

Pratiwi, N. D., & Setaiawan, W. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas viii dalam mengerjakan soal cerita aritmatika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1375–1382. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p%25p

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi spldv ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207–215. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Rahmawati, N., Fitriani, N., Sari, I. P., & Pertiwi, C. M. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi persamaan garis lurus berdasarkan prosedur newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1303–1312. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.10217

Rohimah, S. M. (2017). Analisis learning obstacles pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 132–141. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, Pp. 224–232., 1(3), 224–232. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193/1655

Sujana, Asep, Rusdian Rifa’i, dan N. A. (2019). Penerapan strategi konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 173–181. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4864

Taufiq, D. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Annals of Tourism Research, 2(2), 303–314. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1814

Wulandari, R., Suwarto, S., & Novaliyosi, N. (2021). Upaya meningkatkan pemahaman konsep geometri ruang pada pembelajaran daring dengan model discovery learning. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1224

Downloads

Published

2023-05-18

Issue

Section

Articles