KESALAHAN SISWA MTS DALAM MEMAHAMI SOAL TES PADA MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM LEVEL KOGNITIF
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17517Keywords:
Set, ErrorsAbstract
References
Amelia, R., & Ristiana, M. G. (2022). Analisis kesalahan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan soal materi himpunan melalui pembelajaran daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1635–1644. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1635-1644
Aulia, J., & Kartini. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(1), 484–500. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.280
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Effendi Ramlan. (2017). Konsep revisi taksonomi bloom dan implementasinya pada pelajaran matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 72–78. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan guru pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1119
Maidatuz, Z., & Budi, R. E. (2020). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual himpunan ditinjau dari kecerdasan linguistik dan kecerdasan logis-matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 412–421. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429
Marsandhita, S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan bentuk cerita ditinjau dari aspek kognitif pada siswa kelas vii smp negeri 17 surakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(2), 1–10. https://doi.org/http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/57110
Patricia, F. A., Listiani, W., & Matematika, P. (2022). penjabaran kesalahan mahasiswa dalam menggambar diagram venn untuk menyelesaikan operasi himpunan. 8(2), 86–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31597/ja.v8i2.765
Rani, A., & Gida, K. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa smp kelas vii pada materi himpunan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 4(2), 1072–1082. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2561
Ratnasari, S., & Setiawan, W. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi monera. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 473–479. https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4322
Rita, Y., Muliana, I. L., & Handrianto, C. (2021). Taksonomi bloom dalam materi sistem persamaan linear pada program paket c di pkbm hang tuah pekanbaru. Journal for Research in Mathematics Learning, 4(1), 69–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.12354
Rizqi, M. M., Wijayanti, D., & Basir, M. A. (2021). Analisis Buku teks matematika materi himpunan menggunakan model prakseologi. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 57–76. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1226
Sari, S. I., Yensy B, N. A., & Siagian, T. A. (2021). Analisis soal materi himpunan buku matematika smp/mts kelas vii kurikulum 2013 berdasarkan taksonomi bloom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 233–243. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.233-243
Serina, Kadarisma, G., Hendriana, H., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear satu variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1079–1086. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1079-1086
Sidik, H., & Amelia, R. (2021). Analisis kesalahan siswa kelas vii-b smp marga utama padalarang pada penyelesaian soal materi aljabar berdasarkan indikator taksonomi bloom dan gender. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1223–1232. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1223-1232
Sugandi, A. I., Sofyan, D., Linda, L., & Ratnasari, D. (2022). Identifikasi kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pada mata kuliah geometri analitik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1209–1220. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1209-1220
Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal materi segiempat berdasarkan teori nolting. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 423–432. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.423-432